Terafiliasi dengan Coins.ph Milik GoPay, SendFriend Pakai Ripple

1205

Penyedia layanan kirim uang lintas negara, SendFriend memastikan menggunakan teknologi xRapid buatan Ripple Labs. SendFriend yang berbasis di Filipina itu juga diketahui terafiliasi dengan Coins.ph, sebuah perusahaan blockchain yang belum lama ini diakuisisi oleh GoPay (PT Dompet Anak Bangsa) yang merupakan anak perusahaan GoJek (PT Aplikasi Karya Anak Bangsa).



“Mengirim uang ke Filipina selalu lebih mudah. Kami pun menggunakan teknologi blockchain,” cuit SendFriend melalui akun Twitternya, 5 Juni 2019 lalu. Terlampir di bawah cuitannya itu sebuah gambar iklan dengan teks “Runs on Ripple”.

SendFriend memang termasuk di popular di Filipina untuk urusan pengiriman uang lintas negara. Maklumlah, ada jutaan warga Filipina yang bekerja dan belajar di luar negeri mengirimkan uang secara rutin ke kampung halamannya. Namun, layanan xRapid itu baru bisa digunakan oleh kalangan pribadi saja. Jelas SendFriend, kelak kalangan perusahaan pun bisa menggunakannya.

Untuk urusan kecepatan dan biaya transaksi menggunakan xRapid memang sangatlah cepat dan murah. Ibarat mengirimkan sebuah surat elektronik, prosesnya berlangsung instan dengan biaya transaksi setara US$0,0004 (Rp5,71).

BERITA TERKAIT  TikTok Dibatasi? Teknologi Blockchain dan IPFS Bisa Atasi

Perihal Coins.ph, perusahaan yang juga berbasis di Filipina itu adalah mitra dan investor SendFriend. Dan Coins.ph telah diakuisisi oleh GoPay beberapa waktu yang lalu. Pihak GoJek sudah membenarkan itu melalui surat elektronik kepada Blockchainmedia pada Februari lalu. Hanya saja pihak GoJek masih enggan menginformasikan besaran akuisisi yang dilakukannya.

Kabar akuisisi itu menyeruak pada 18 Januari 2019 melalui e27.co, sebuah media siber di Singapura. Disebutkan bahwa, Go-Jek mengumumkan mengakusisi perusahaan fintech berbasis blockchain, Coins.ph, Filipina. Namun, rincian transaksi belum diungkapkan.

Kelak payment gateway Go-Jek, Go-Pay dan Coins.ph akan dipadukan untuk mendorong transaksi keuangan tanpa uang tunai di Filipina.

“Dengan populasi terbesar kedua dan ekonomi domestik yang kuat, Filipina adalah salah satu pasar paling menarik di Asia Tenggara. Mendukung keberhasilan juara wirausaha fintech lokal seperti Coins.ph, dengan ambisi yang sama untuk memberdayakan masyarakat melalui inovasi dan teknologi, selalu menjadi bagian dari semangat kami untuk tumbuh. Pengumuman hari ini menandai dimulainya komitmen jangka panjang kami di Filipina dan kelanjutan misi kami untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari dan menciptakan dampak sosial yang positif,” ujar Pendiri dan CEO Go-Jek Nadiem Makarim melalui siaran pers yang dikirimkan oleh perusahaan public relation Evident asal Filipina.

BERITA TERKAIT  Ini Penampakan Mata Uang Digital Renminbi Tiongkok

Coins.ph sendiri adalah startup teknologi keuangan berbasis blockchain yang didirikan oleh Ron Hose, di mana sebagian dana pengembangannya dikucurkan oleh Pantera Capital. Perusahaan pemodal tersebut juga membantu sejumlah startup lainnya, di antaranya Bakkt, Brave, Civic, Ripple, Xapo dan lain sebagainya. [vins]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO

Berita sebelumyaTransaksi di dApp Blockchain Tron Lampaui Ethereum
Berita berikutnyaInilah Bursa Kripto Besutan “Bitcoin Grandpa” John McAfee
Avatar
Pemimpin Redaksi Blockchainmedia.id, tertarik tentang teknologi komputer sejak duduk di bangku SMP, menulis artikel tentang teknologi blockchain dan bitcoin di media massa sejak 2014. Pada tahun 2015 bergabung sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) hingga sekarang. Sebelumnya di KabarMedan.com sebagai Managing Editor, Kontributor MetroTV dan Redaktur di Harian Global, Medan. Tahun 2001-2016 sebagai penulis lepas untuk Tabloid Komputer PCplus dan Majalah Info Komputer (Kelompok Kompas-Gramedia).