Texas Tolak Rencana Celsius Menjual Bitcoin

Dewan Sekuritas Negara Bagian Texas (SSB) memberikan penolakan resmi terhadap rencana platform kripto Celsius menjual Bitcoin (BTC) atas dasar keputusan penggunaan aset yang bermasalah.

Celsius disebut gagal menjelaskan rencana untuk memberi ganti rugi kepada kreditor dengan penjualan tersebut. Platform kripto itu mengajukan kebangkrutan pada 13 Juli 2022 lalu dan mendaftarkan kerugian sebesar US$1.2 milyar pada neraca keuangan.

Celsius Tidak Boleh Menjual Bitcoin  

Regulator Texas meminta pengadilan kebangkrutan AS untuk menolak permohonan Celsius menjual BTC hasil penambangan dengan dasar penggunaan keuntungan hasil penjualan tersebut.

Dalam berkas penolakan resmi yang diterbitkan pada Jum’at (05/08/2022), SSB berkata riwayat Celsius mencakup keputusan penggunaan aset yang bermasalah, memakai BTC hasil penambangan untuk membayar hutang perusahaan, kesalahan pengelolaan dan kegagalan untuk mentaati persyaratan regulasi di negara bagian tersebut.

IKLAN

“SSB tidak menolak penjualan Bitcoin hasil penambangan oleh Celsius untuk kepentingan usaha, tetapi kami sangat khawatir tentang permintaan Celsius atas izin untuk menggunakan aset tersebut secara luas dan ambigu,” jelas regulator, dikutip dari BlockWorks.

Texas merupakan salah satu dari lima negara bagian yang membuka penyelidikan terhadap Celsius setelah perusahaan tersebut membekukan dana nasabah.

Celsius termasuk salah satu perusahaan pinjaman kripto yang terdampak kejatuhan pasar aset kripto, didorong oleh kegagalan Terra USD (UST) dan bangkrutnya hedge fund Three Arrows Capital.

Setelah mengajukan kebangkrutan dengan total kerugian US$1,2 milyar, Celsius mencari likuiditas untuk membayar hutang sebesar US$4,8 milyar kepada nasabah.

Token Celsius (CEL) diperdagangkan dengan harga dua kali lipat harga terendah tahun ini setelah platform tersebut membekukan akun pada bulan Juni lalu. Tetapi harga CEL masih berada 65 persen di bawah harga pada awal tahun 2022.

Celsius memandang bisnis penambangan Bitcoin sebagai kunci bagi usaha restrukturisasi hutang. Perusahaan tersebut meyakini dapat menghasilkan keuntungan dari penambangan untuk membayar hutang dan masa depan.

Platform peminjaman kripto itu memproyeksikan penambangan 10.118 BTC senilai US$243 juta di tahun 2022 dan 15 ribu BTC senilai US$361 juta di tahun 2023. Celsius mengklaim memiliki 80.850 mesin penambang dengan 43.600 mesin yang berjalan.

SSB berkata Celsius tidak boleh diberikan izin untuk mentransfer dan menjual aset dari perusahaan bangkrut tanpa pengawasan. Dikarenakan resiko besar bagi kreditor, Celsius seharusnya tidak diizinkan untuk menginvestasikan kembali Bitcoin hasil penambangan ke pasar kripto yang volatil. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait