spot_img
spot_img

The Fed: Bitcoin adalah Pengganti Emas

Jerome Powell Ketua Bank Sentral AS alias The Fed mengulang pernyataannya, bahwa Bitcoin adalah pengganti emas, sebagai aset, bukan mata uang (currency).

Hal itu disampaikan Powell dalam sebuah konferensi daring yang digelar kemarin. Ia menyebut Bitcoin adalah aset spekulatif.

“Aset kripto seperti Bitcoin sangat volatil dan tidak berguna sebagai alat simpan nilai (store of value, dan tidak dijamin oleh apapun,” sebutnya.

Aset kripto adalah aset spekulasi, sehingga tidak berguna untuk pembayaran. Aset kripto berlaku sebagai pengganti emas alih-alih dolar AS, jelas Powell.

Hal ini bukan pertama kalinya Powell mengomentari Bitcoin. Tahun lalu, ia menyebut Bitcoin sebagai alat simpan nilai spekulatif, seperti emas, senada dengan komentar terbarunya itu.

Powell semakin menegaskan Bitcoin tidak berpeluang mengambil alih fungsi dolar. Ia mengatakan, masyarakat perlu memahami risiko terkait aset kripto, sebab ada volatilitas, kebutuhan energi untuk penambangan, serta fakta aset kripto tidak dijamin oleh apa-apa.

Jerome juga menyebut stablecoin sebagai perbaikan terhadap aset kripto, tetapi tetap tidak mampu mengganti sistem moneter global saat ini.

Stablecoin adalah aset kripto yang dirancang agar nilainya stabil, dan biasanya dijamin oleh uang fiat seperti dolar AS.

Proyek stablecoin, seperti Diem besutan Facebook, membuat pihak berwenang di beragam negara cemas akan risiko terhadap kedaulatan moneternya.

The Fed sebelumnya menegaskan akan terus mengawasi stablecoin beserta risiko terkait. Sementara itu di Eropa dibuat sejumlah regulasi lebih lanjut bagi stablecoin.

CBDC, mata uang digital bank sentral, juga menjadi topik panas di konferensi daring itu. Powell ditanya soal tindak lanjut soal dolar digital. Namun, Powell mengatakan pihaknya melakukannya secara perlahan lewat beragam penelitian.

“Kami tidak perlu berburu-buru, kami tidak harus jadi penerbit CBDC pertama,” jawab Powell.

CBDC dolar AS atau disebut dolar digital berpotensi berdampak besar di AS dan di dunia. Kami akan berpikir hati-hati soal itu dan berdiskusi dengan publik di seluruh dunia, terutama di AS, sebelum mengambil keputusan, tambah Powell.

Powell menyatakan The Fed tidak akan mengambil keputusan untuk merilis CBDC dalam waktu dekat.

Di saat bank sentral AS bergerak pelan-pelan, negara lain berada jauh di depan soal CBDC. Tiongkok telah merintis yuan digital, sedangkan Kepulauan Bahamas telah menerbitkan sand dollar, mata uang setara dolar yang berbasis blockchain. [decrypt.co/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait