Tiongkok Awasi Stablecoin Pasca Keruntuhan Terra LUNA?

Pasca keruntuhan Terra LUNA, Tiongkok diminta memperketat pengawasan terhadap kripto dan stablecoin, dengan menghadirkan regulasi.

Keruntuhan Terra LUNA telah menjadi perhatian dunia, yang telah meluluhlantakan investornya ke titik terendah. Harga token LUNA telah jatuh lebih dari 99 persen, menyisakan amarah dan kecurigaan para investor terhadap pengembang Terra.

Dampak Keruntuhan Terra LUNA 

Menanggapi kasus kejatuhan yang mengerikan tersebut, China’s Economic Daily, yang dilansir dari Watcher News, mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok harus menghadirkan tatanan regulasi yang jelas untuk melindungi investor. Ini juga termasuk dalam menakar risiko pada stablecoin.

Media pemerintah tersebut juga mengungkapkan bahwa langkah regulasi ini secara langsung juga akan membatasi kegiatan ilegal di industri kripto.

Selain itu, jurnalis popular asal negeri tirai bambu tersebut, Colin Wu, telah mengamini apa yang telah disampaikan oleh China’s Economic Daily. Regulasi memang harus dihadirkan demi industri kripto yang sehat.

Menanggapi usulan regulasi tersebut, reporter lokal Li Hualin mengatakan bahwa negara telah menindak spekulasi perdagangan mata uang digital dan juga sejumlah platform perdagangan besar.

“Ini secara efektif memblokir transmisi risiko ini di Tiongkok dan menghindari risiko investasi semaksimal mungkin,” tambah Hualin.

Ia pun menjelaskan bahwa tidak hanya Tiongkok, banyak negara lain yang kini juga mulai menaruh perhatian lebih untuk menghadirkan regulasi terkait stablecoin dan aset kripto pasca keruntuhan Terra LUNA.

“Di masa depan, negara kita [Tiongkok] juga akan mempercepat penyelesaian kekurangan regulasi dan memperkenalkan langkah-langkah regulasi yang ditargetkan untuk risiko stablecoin untuk lebih mengurangi ruang spekulasi mata uang virtual, aktivitas keuangan ilegal dan aktivitas ilegal serta kriminal terkait, dan lebih baik lagi. Untuk melindungi keselamatan rakyat,” ujarnya.

Baik untuk Industri Kripto

Banyak pengamat telah mengatakan bahwa, keruntuhan Terra LUNA dapat memberi dampak baik bagi industri kripto karena para pemangku kepentingan mulai terpicu untuk menghadirkan regulasi.

Regulasi akan mampu meningkatkan rasa aman dan kejelasan status dari aset kripto di antara investor, terutama investor institusi.

Sehingga, regulasi diperkirakan membuat para investor besar tersebut menaruh lebih banyak uang ke industri. Jauh lebih banyak dari apa yang telah ada saat ini. Mari kita saksikan. [st]

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait