spot_img
spot_img

Tips Merencanakan Investasi Kripto untuk Hari Tua

Investasi kripto saat ini layaknya kebutuhan pokok. Hal ini wajar saja, mengingat investasi berguna untuk membantu, kita mempersiapkan kebutuhan hari tua, pendidikan dan lain sebagainya secara mandiri.

Bukan rahasia apabila dunia investasi terus berkembang. Dan saat ini, investasi diramaikan dengan hadirnya instrumen menemukan aset baru yaitu kripto. Instrumen ini menjadi salah satu investasi populer karena dapat memberikan pengembalian nilai yang menarik dalam jangka panjang.

Lalu, bagaimana cara merencanakan investasi kripto ini?

Merencanakan Investasi Kripto 

Sama halnya berinvestasi di aset tradisional seperti saham dan obligasi, berinvestasi di aset kripto juga membutuhkan sebuah perencanaan keuangan yang matang. Terlebih lagi, jika ditujukan untuk jangka panjang.

Jika Anda ingin berinvestasi tanpa membebani keuangan Anda, Anda dapat menerapkan teknik dolar cost averaging (DCA) atau biasa dikenal sebagai “menabung”.

Menabung yang kami maksud di sini adalah, Anda dapat membuat anggaran tertentu setiap bulan untuk diinvestasikan ke kripto.

Misalkan, pada saat Anda menerima gaji, disaat itulah Anda sudah memiliki proporsi anggaran khusus untuk berinvestasi yang bisa segera dilakukan.

Berinvestasi lebih baik dilakukan di awal menerima gaji, bukan di akhir. Karena biasanya jika menunggu akhir bulan, kerap kali tidak akan ada lagi uang tersisa.

Misalkan Anda berkomitmen untuk berinvestasi Rp500.000 setiap bulan, maka Anda dapat menyisihkan anggaran dengan nominal tersebut secara rutin di setiap bulannya.

Dengan portofolio yang tepat, uang investasi Anda akan benar-benar bertumbuh dengan baik. Meski begitu, Anda harus tetap ingat, pasar kripto masih menjadi pasar yang sangat volatil.

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki kemampuan menentukan kapan waktu membeli (seperti membeli pada saat koreksi atau crash harga).

Mengatur Portofolio 

Sebenarnya, tidak ada aturan baku dalam mengatur portofolio karena ini menyesuaikan karakteristik Anda sebagai investor.

Namun, untuk portofolio yang bisa dibilang lebih aman dan stabil, berikut saran dari kami.

  • 60% kripto utama dan kapitalisasi besar (seperti Bitcoin dan Ethereum),
  • 20% stablecoin yang berfungsi sebagai dana cadangan,
  • 10% altcoin untuk mencari tingkat pertumbuhan yang lebih baik,
  • 10% kripto yang sedang booming dan popular untuk mencari kenaikan nilai cepat.

Angka persentase di sini dapat Anda rombak sesuai pertimbangan masing-masing, tetapi kami sarankan untuk persentase kripto utama, tidak lebih rendah dari 50%.

Mengapa? Itu karena kripto utama secara historis, telah menjanjikan pertumbuhan yang baik dalam jangka panjang dan lebih minim risiko mengalami keruntuhan ke harga US$0.

Tempat Melakukan Investasi Kripto

Dengan menganut portofolio di atas, Anda juga dituntut untuk tetap aktif dan up-to-date mengenai perkembangan industri untuk memaksimalkan portofolio di sektor altcoin dan kripto yang sedang popular.

Melakukan investasi di bursa kripto terpercaya adalah keharusan, salah satunya seperti di bursa kripto Zipmex.

Mengapa harus Zipmex? Bursa Zipmex menyediakan layanan yang sangat cocok untuk Anda dalam berinvestasi jangka panjang seperti fitur staking dan asuransi dompet digital.

Pada fitur staking, Anda masih dapat menghasilkan pendapatan pasif seperti halnya deposito, sambil menunggu nilai aset Anda terapresiasi.

Dan dengan adanya asuransi dompet digital dari BitGo, hingga US$100 juta, dana investasi Anda akan tetap aman meski terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti peretasan dan lain sebagainya. 

Bukan hanya itu saja, Zipmex juga membagikan cashback senilai Rp50 ribu bagi Anda yang baru ingin memulai investasi aset kripto di Zipmex.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuat akun di Zipmex menggunakan kode referrallangsunguntung” atau “zipmexuntung”, lalu verifikasi identitas Anda.

Setelah itu, mulai investasi pertama Anda dengan beli aset kripto pertama apa saja senilai Rp300 ribu. 

Program ini juga berlaku untuk pengguna Zipmex yang sudah mendaftar sebelumnya namun belum pernah melakukan pembelian. Menarik sekali, kan. Ayo bangun masa depan Anda dengan berinvestasi di kripto. [st]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait