spot_img
spot_img

Toko NFT Mark Cuban Dapat Kucuran Dana, Setara Rp189 Milyar

Mintable, toko NFT yang didukung oleh milyarder Mark Cuban, menerima kucuran dana sebesar US$13 juta atau setara Rp189 milyar. Ada Ripple Labs juga loh!

Investor yang terlibat dalam penggalangan dana tersebut mencakup Ripple Labs, Animoca Brands, dana kripto Metapurse, Doug Band seorang pengusaha asal AS mantan penasihat Bill Clinton, Jon Oringer pendiri dan pemimpin Shutterstock serta John Kim presiden Expedia Group.

CEO Mintable Zach Burks mengatakan tidak ada investor utama dalam putaran investasi itu. Semua investor memberikan dana dalam jumlah serupa.

Ripple Labs Menang Mosi Lagi

Burks menambahkan, seiring teknologinya semakin matang dan sektor NFT berevolusi cepat, hal ini merupakan tonggak bersejarah bagi Mintable.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari investor yang sama-sama meyakini peluang yang dihadirkan NFT bagi pengguna,” kata Burks.

Selama April dan Mei 2021, pasar NFT mencapai puncaknya dengan total transaksi berkisar US$176 juta.

Seniman Beeple menjual karya “Everydays: The First 5000 Days” dengan nilai US$69 juta dalam kurun waktu itu, menjadikannya karya NFT termahal dalam sejarah.

Pasar NFT kemudian anjlok sampai 90 persen. Transaksi rata-rata seminggu saat ini hanya mencapai US$18 juta. Kendati mengalami longsor besar, sektor NFT masih terlihat kuat. Contohnya, minat terhadap Mintable sangat tinggi.

Mintable berencana memperbesar operasionalnya dengan dana segar itu. Marketplace NFT tersebut ingin mendongkrak akuisisi pengguna dan strategi pertumbuhan.

Saat ini, tim Mintable terdiri dari 14 orang dan Burks ingin menambah anggota tim hingga mencapai 35 individu sebelum akhir tahun.

Untuk akuisisi pengguna, Burks ingin Mintable meraih pasar massal, melebihi sebatas pengguna kripto, dengan cara memudahkan pembelian NFT.

Mintable dibangun di atas blockchain Ethereum dan juga mendukung blockchain Zilliqa. Platform tersebut menawarkan fitur minting NFT tanpa gas yang artinya pengguna dapat mencetak NFT pada Ethereum tanpa membayar biaya transaksi.

Burks menyebut penerbitan NFT tanpa gas ini sebagai teknologi revolusioner, sebab bukan merupakan blockchain Layer 2 atau side chain dan bukan pencetakan pada kemudian hari.

Mintable memakai tanda tangan blockchain untuk menciptakan NFT sebelum dipindahkan untuk pertama kalinya.

Dengan investasi Seri A tersebut, total pendanaan Mintable mencapai US$15,5 juta.

Sebelumnya, platform ini menerima pendanaan US$2,5 juta dari investor Mark Cuban, Sound Ventures besutan aktor Ashton Kutcher dan TIME Ventures oleh CEO Salesforce Marc Benioff.

Cuban dikenal sebagai pendukung besar bagi NFT. Pemilik tim bola basket Dallas Mavericks itu telah menanam modal di setidaknya empat platform NFT, yaitu Lazy, CryptoSlam dan NFT42 selain Mintable. [bitcoinist.com/theblockcrypto.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait