Trading Shiba Inu (SHIB)? Baca Ini Dulu

Burn rate atau laju pemusnahan merupakan tolok ukur penting yang berdampak terhadap suplai dan permintaan dalam trading Shiba Inu (SHIB). Saat ini, terjadi pemusnahan 10 juta hingga 100 juta SHIB per hari demi mendorong harganya naik.

Baca Ini Dulu Sebelum Trading Shiba Inu 

SHIB menjadi terkenal sebagai aset kripto meme tanpa ada nilai intrinsik. Harga yang rendah pada US$0,000012 membuat SHIB tampak memiliki potensi besar.

Kendati demikian, SHIB memiliki masalah yakni suplai awal yang sangat besar sejumlah 1 kuadriliun token. Dibanding Ethereum (ETH) dengan 122 juta koin dan Bitcoin (BTC) dengan 21 juta koin, SHIB bermasalah soal suplai berlebih.

Bila jumlah SHIB tidak dikurangi, harganya sulit meningkat. Sebab itu, laju pemusnahan menjadi tolok ukur paling penting.

IKLAN

Pemusnahan dilakukan dengan cara mentransfer token SHIB ke dompet dimana private key terkait tidak diketahui atau telah dihilangkan sehingga token tersebut tidak dapat dipulihkan.

Total suplai SHIB saat ini adalah 589,6 triliun token yang berarti 410,4 triliun token telah diburning. Hal itu merupakan hasil dari usaha Vitalik Buterin, co-founder Ethereum.

Fool.com melaporkan, pada tahun 2020 lalu, pencipta Shiba Inu, Ryoshi, mengirim hampir setengah suplai SHIB ke Buterin sebagai hadiah. Buterin lalu memusnahkan 410 triliun token SHIB tersebut.

Kini tersedia sumber data publik yang menampilkan jumlah SHIB yang dimusnahkan perhari. Menurut perhitungan, 300 juta SHIB diburn pada pekan pertama September.

IKLAN

Dalam periode 24 jam, lebih dari 100 juta SHIB dimusnahkan. Laju pemusnahan rata-rata bulan September adalah 23,67 juta SHIB per hari, meningkat 138 persen dari nilai rata-rata Agustus.

Pemusnahan SHIB menjadi topik perbincangan penting. Pasalnya, suplai sebesar satu kuadriliun menghambat peningkatan harga token melalui trading Shiba Inu.

Burning dianggap menjadi jurus pamungkas demi menyeimbangkan suplai dan permintaan. Setiap proyek baru yang diluncurkan komunitas Shiba Inu harus melibatkan pemusnahan token, termasuk di sektor solusi skalabilitas, metaverse dan aplikasi baru.

SHIB memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$7 milyar. Agar harga SHIB mencapai US$1, total suplai harus dikurangi menjadi tujuh milyar token.

IKLAN

Sebab suplai awal sangat tinggi, mencapai suplai tujuh milyar melalui proses pemusnahan adalah jalan yang panjang. SHIB harus melakukan burning 99 persen dari suplai awal untuk mencapai keseimbangan suplai dan permintaan.

Setelah suplai SHIB berhasil dikurangi, SHIB mampu menjadi investasi yang menarik kembali bagi investor ritel. [ed]

spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait