Transaksi di dApp Blockchain Tron Lampaui Ethereum

842

Selama 6 hari berturut-turut, transaksi di dApp (Decentralized Application) di Blockchain Tron meningkat melampaui Ethereum. Berdasarkan pantauan di Dapp.review, pada 6 Juni 2019 transaksi Tron mencapai 728 ribu, sedangkan Ethereum hanya 62 ribu.

IKLAN

Namun rasio peningkatannya tak signifikan pada 12 Juni 2019, yakni masing-masing 806 ribu untuk Tron dan Ethereum harus puas di 86 ribu. Sementara EOS yang masih merajai, sangat jauh berbanding Tron dan Ethereum, yakni masing-masing 3,9 juta transaksi pada 6 Juni dan turun tipis 6 hari kemudian dengan 3,7 juta transaksi.

Untuk kategori jumlah pengguna di rentang waktu serupa, Tron juga menang melawan Ethereum, dari 54 ribu pada 6 Juni menjadi 50 ribu pada 12 Juni. Sedangkan Ethereum 19 ribu lalu terdongkrak kecil menjadi 22 ribu pengguna.

BERITA TERKAIT  Setelah Bitcoin, BitTorrent Token (BTT) Melejit 72 Persen
Perbandingan dApp Tron, Ethereum dan EOS. Sumber: Dapp.review.

Namun, ada yang menarik jika ditinjau pada kategori volume (US$). Terlihat volume Tron praktis sangat stabil, tidak mengalami lonjakan drastis seperti pada EOS dan Ethereum. Volume Tron tercetak US$11,6 juta pada 6 Juni dan turun tipis menjadi 11,2 pada 12 Juni. Yang cukup membuat miris adalah volume Ethereum yang anjlok dari US$11,8 juta pada 10 Juni ke US$4,5 juta pada 11 Juni. Volumenya naik, tapi hanya sanggup di 7,6 juta di keesokan harinya.

Dinamika dApp dengan beragam kategorinya adalah salah satu tolak ukur keandalan sebuah teknologi blockchain, sekaligus menjadi acuan terhadap kenaikan harganya. Kendati jumlah dApp banyak, tetapi jumlah pengguna dan transaksinya sedikit, cukup menandakan tingkat ketertarikan ekosistem terhadap dApp itu sendiri.

BERITA TERKAIT  Justin Sun-Warren Buffet, Sinar Baru kepada Tron (TRX)

Misalnya, per 12 Juni 2019, jumlah dApp di blockchain Ethereum mencapai 1.821. Besaran itu jelas jauh berbeda dengan EOS dan TRON, yang masing-masing 552 dan 477. Perbandingan jumlah antara EOS dan TRON hanya terpaut 75.

CryptoLunch
Khusus untuk Tron, berkat teknik pemasarannya yang dikenal agresif, komunitasnya masih menantikan hasil makan bersama antara Justin Sun dan Warren Buffett nanti. Setidaknya pasar terlihat mulai berspekulasi, bahkan Warren Buffett akan semakin “tersadarkan” soal potensi teknologi blockchain dan Justin mendapatkan ilmu pemasaran baru atau spekulasi tertinggi adalah Warren Buffet ingin berinvestasi di Tron.

Oh, iya tahukah Anda bahwa Warren Buffett melalui Berkshire sudah membeli saham Amazon senilai $900 juta pada 3 Juni 2019 lalu? “Saya merasa bodoh karena tidak membeli saham Amazon sejak awal,” kata Buffett yang dulu dikenal tidak gemar berinvestasi di sektor teknologi. [ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini

Berita sebelumyaDeath Cross Bitcoin! Pantau Support US$8.045
Berita berikutnyaTerafiliasi dengan Coins.ph Milik GoPay, SendFriend Pakai Ripple
Avatar
Pemimpin Redaksi Blockchainmedia.id, tertarik tentang teknologi komputer sejak duduk di bangku SMP, menulis artikel tentang teknologi blockchain dan bitcoin di media massa sejak 2014. Pada tahun 2015 bergabung sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) hingga sekarang. Sebelumnya di KabarMedan.com sebagai Managing Editor, Kontributor MetroTV dan Redaktur di Harian Global, Medan. Tahun 2001-2016 sebagai penulis lepas untuk Tabloid Komputer PCplus dan Majalah Info Komputer (Kelompok Kompas-Gramedia).