[Tutorial] Transaksi “Dolar AS” Menggunakan Tether (USDT)

3011

Bertransaksi “dolar AS” kian mudah sejak hadirnya token digital Tether (USDT) yang berbasis teknologi blockchain Bitcoin dan Ethereum. Nilai satu unit token itu setara dengan US$1, sekitar Rp14.000. Menggunakan USDT kiranya bisa menjadi alternatif PayPal (juga bersatuan dolar AS) yang tidak menggunakan teknologi blockchain. Dengan teknologi blockchain-lah dana transfer bisa lebih murah, lebih cepat dikirimkan dan beruang-lingkup global.


Di bursa kripto Triv.co.id, USDT bisa ditukar menjadi uang rupiah dan ditransfer ke rekening bank pengguna. Sebaliknya, di negara lain, USDT bisa ditukar menjadi uang uang dolar dan mata uang lainnya. Buatlah akun baru di Triv.co.id lalu ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bagian Pertama: Penyetoran Rupiah
Untuk penyetoran rupiah di Triv ada beragam cara, yakni transfer bank, OVO, melalui Pegadaian, Alfa Mart, Indomaret ataupun Pos Indonesia. Selain itu bisa menggunakan Perfect Money, Bitcoin, Ethereum, Stellar, Paxos dan USDT. Dalam tutorial ini kami menggunakan cara transfer bank.

1. Klik menu Dompet, lalu klik icon “Rp” hingga muncul laman Akun Rupiah. Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol Deposit.

2. Kemudian pilih metode setoran. Dalam hal ini adalah Bank. Klik pilihan Bank.

3. Pilih akun bank asal dan tentukan jumlahnya. Pastikan akun bank yang Anda pilih sama seperti akun bank yang tersimpan di akun Anda, tidak boleh berbeda. Setelah itu klik tombol Send.

4. Pada laman baru, yakni cara transfer. Dalam hal ini kami pilih Internet Banking. Ketika proses transfer, pastikan Anda memasukkan nomor rekening tujuan yang tertera, yakni atas nama TRIV INDONESIA. Anda punya waktu 3 jam untuk menyelesaikan proses ini. Jikalau terlewat maka proses akan batal dengan sendirinya. Klik tombol LANJUT di bagian bawah, lalu klik tombol Done di laman berikutnya. Lakukan transfer dan tunggu hingga rupiah sudah masuk ke akun rupiah Anda. Proses ini hanya memakan waktu beberapa detik saja.

BERITA TERKAIT  Bitfinex Dituduh Menipu US$850 Juta, Bitcoin Longsor

5. Lihat Dompet Rupiah dan pastikan jumlah rupiah sudah tertera dan sesuai dengan yang Anda transfer.

Bagian Kedua: Membeli (top up) saldo USDT
Langkah-langkah di bagian ini menjabarkan cara membeli USDT menggunakan uang rupiah yang sudah ada di dompet rupiah Anda.

  1. Klik menu BELI/JUAL, lalu pilih TetherUSDT.

2. Di laman berikutnya, pilih Rupiah sebagai Metode Pembayaran

3. Pilih Dompet Rupiah Triv dari drop down menu dari bagian Your Bank. Masukkan jumlah rupiah di baris IDR, sehingga muncul jumlah USDT di baris kirinya. Lalu klik tombol Lanjut.

4. Di laman berikutnya, pastikan transaksi Anda benar, lalu klik tombol Konfirmasi.

5. Kemudian Anda diminta memasukkan kode Google Authenticator. Ini adalah langkah yang sangat disarankan demi keamanan transaksi. Teruskan dengan mengklik tombol Lanjut.

6. Rincian transaksi pun dimunculkan. Di langkah ini transaksi sedang diproses oleh sistem secara otomatis. Klik tombol Done untuk melanjutkan.

7. Periksalah dompet USDT Anda. Klik menu Dompet dan klik icon USDT. Di sini Anda memiliki Alamat (address) Akun USDT dan berupa deret angka dan huruf. Dengan address itulah Anda juga dapat menerima USDT dari pengguna lain, baik dari pengguna Triv sendiri ataupun pengguna lain di luar Triv. Silahkan salin address itu agar dapat digunakan berikutnya untuk menerima USDT. Jadi, jikalau mitra Anda di negeri seberang ataupun dari sesama pengguna Triv ingin mengirimkan USDT kepada Anda, beritahulah address USDT itu. Penting dicatat di sini, bahwa token digital USDT ada dua jenis. Pertama, berbasis blockchain Bitcoin dan kedua, berbasis blockchain Ethereum. Triv hanya mendukung USDT yang berbasis blockchain Ethereum. Jadi, pastikan address USDT tujuan adalah USDT yang berbasis blockchain Ethereum, bukan blockchain. Pembeda utama antara keduanya adalah USDT berbasis Ethereum selalu menggunakan format “0x” di awal address-nya.

BERITA TERKAIT  Pornhub, PayPal dan Mata Uang Kripto Itu

Bagian Ketiga: Mengirimkan USDT

1. Seperti di atas, klik menu Dompet dan pilih icon USDT dan klik tombol Kirim.

2. Di laman baru, masukkan address USDT tujuan. Dalam hal kami mengirimkan USDT ke TrustWallet (mobile app) buatan Binance. Klik tombol Kirim untuk melanjutkan. Address tujuan ini bisa juga berada di wallet USDT di bursa kripto lain di luar negeri. Jadi, jikalau rekan Anda ingin menerima USDT dari Anda, dia harus menggunakan address USDT dan pastikan lengkap dan benar. Kemudian, tentukanlah jumlah USDT, lalu klik tombol Kirim. Biaya pengiriman USDT hanya 1 USDT (miner fee) dan tidak bergantung pada jumlah USDT yang Anda kirimkan. Artinya, jikalau Anda mengirimkan 10.000 USDT, maka biaya kirimnya tetap hanya 1 USDT (Rp14.000, tergantung harga pasar). Jikalau mengirimkan USDT antar pengguna Triv tidak dikenakan biaya kirim (fee akan dikembalikan secara otomatis).

3. Berikutnya Anda diminta untuk mengonfirmasi transaksi lalu memasukkan kode Google Authenticator. Di tahap ini USDT dalam proses pengiriman sedang berlangsung dan cobalah cek di address tujuan. Dalam hal ini di Trust Wallet.

4. Untuk melihat status pengiriman, bisa dilihat dari laman Riwayat. Kliklah menu Riwayat dan lihat di tautan Etherscan di kolom kanan. Buka tautan itu di tab baru hingga terbuka situs web Etherscan.io.

5. Di situs itu, klik di bagian “Erc20 Token Txns”. Jikalau di bagian itu USDT sudah muncul, maka transaksi sudah selesai. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa menit saja (bergantung pada kepadatan transaksi di blockchain Ethereum). Untuk melihat rincian transaksi tersebut, klik dari “Txn Hash” hingga terbuka laman baru.

 

6. Lihatlah di wallet tujuan apakah USDT sudah sampai. Dalam hal ini kami mengirimkan USDT dari Triv.co.id ke wallet Trust Wallet. Lihat gambar di bawah, 5 USDT telah sampai di Trust Wallet dari akun Triv.

BERITA TERKAIT  ShapeShift Gelar Program Giveaway 500 USDT (Rp7,2 Juta)



Bagian Keempat: Menjual USDT
Kami asumsikan Anda telah menerima USDT di akun Triv Anda dari pihak lain dan USDT sudah berada di dompet USDT Anda. Nah, sekarang bagaimana cara menjual USDT itu dan menukarnya menjadi rupiah?

  1. Pilih menu BELI/JUAL dan klik tab JUAL, lalu pilih TetherUSDT.

 

2. Tentukan ke mana hasil jual USDT, apakah Bank, OVO, GoPay atau DANA. Dalam hal ini hasil jual USDT akan langsung masuk ke rekening bank. Masukkan jumlah USDT yang ingin Anda jual, lalu tombol Lanjut. Minimal jual adalah 5 USDT.

3. Klik tombol Konfirmasi di langkah berikutnya.

4. Masukkan kode Google Authenticator dan klik tombol Lanjut, hingga muncul laman Detail Transaksi. Klik tombol Done.

5. Tunggu beberapa detik sampai rupiah sampai di rekening bank Anda atau periksa dari bagian Riwayat untuk memerika status transaksi.

Kesimpulan
USDT yang menggunakan teknologi blockchain adalah alternatif pengiriman “dolar AS” yang cepat dan murah. Namun, ada sejumlah hal yang patut diperhatikan.

Pertama, ketika mengirimkan USDT, pastikan address USDT tujuan sudah benar dan hanya USDT yang berbasis blockchain Ethereum, bukan blockchain Bitcoin.

Kedua, sistem wallet USDT Triv.co.id sudah menggunakan smart contract. Sehingga, jikalau Anda mengirimkan USDT ke akun di bursa kripto yang tidak menggunakan smart contract, maka proses penyetoran harus menggunakan cara manual. Dengan kata lain, pengguna harus menghubungi pihak bursa kripto tujuan, untuk memeriksa keabsahan transaksi USDT yang sudah dilakukan sampai saldo USDT tertera di akun.

Ketiga, sistem transaksi ini bersifat transparan. Artinya, siapapun yang mengetahui address USDT Anda, maka mereka dapat mengetahui rincian semua riwayat transaksi Anda. Ini dapat dilakukan dengan membuka situs web etherscan.io atau layanan sejenis. Namun, mereka tak dapat menentukan dan mengetahui identitas asli Anda, karena pada address tidak tertera nama Anda. [Red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO