Twitter Diam-diam Hadirkan Fitur Indeks BTC dan ETH

Platform media sosial Twitter diam-diam meluncurkan indeks harga cryptocurrency dalam fungsi pencarian, di antaranya BTC dan ETH. Fitur baru ini merupakan peningkatan dari “$Cashtags” dan diumumkan oleh akun Twitter Business pada Rabu (21/12/2022) lalu.

Selang sehari kemudian, CEO Twitter Elon Musk me-retweet pengumuman fitur baru tersebut, menyatakan bahwa ini adalah satu dari sekian banyak peningkatan produk yang datang ke layanan media sosial tersebut.

Melansir Cointelegraph, pencarian Twitter untuk “$Bitcoin,” “Bitcoin price” dan “BTC price” memunculkan grafik harga, dengan pencarian yang setara juga bekerja untuk Ethereum (ETH).

“Sejauh ini, BTC dan ETH adalah satu-satunya dua cryptocurrency dengan grafik harga dalam pencarian di Twitter. Cryptocurrency teratas lainnya, termasuk Dogecoin kesayangan Musk, belum berhasil,” tulis media daring aset kripto.

IKLAN

Namun, Twitter Business mengatakan akan memperluas cakupan simbol, selain BTC dan ETH, untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Awal bulan ini, rumor mulai beredar bahwa Twitter dapat membuat mata uang kripto aslinya sendiri, “Twitter Coin” yang akan digunakan untuk pembayaran di platform. 

Desas-desus dimulai pada 4 Desember lalu, sekitar seminggu setelah Musk berbagi sekilas tentang seperti apa Twitter 2.0, termasuk kemungkinan integrasi pembayaran berbasis cryptocurrency di Twitter.

Tapi masa depan Musk di Twitter tampaknya berada di persimpangan setelah tokoh kontroversial itu bertanya kepada pengguna Twitter apakah dia harus “mundur sebagai kepala Twitter?” dalam jajak pendapat Twitter 19 Desember, di mana 57,5 persen dari 17.502.391 pemilih memilih “Ya.”

IKLAN

Musk kemudian menambahkan bahwa dia akan mengundurkan diri sebagai CEO segera setelah saya menemukan seseorang yang cukup bodoh untuk menerima pekerjaan itu.

Info Harga BTC dan ETH dengan Ketikkan Nama atau Ticker

Seperti disampaikan, Twitter telah menambahkan fitur crypto baru yang memungkinkan pengguna untuk mencari harga BTC dan ETH hanya dengan mengetikkan nama atau ticker mereka ke dalam tab pencarian.

Akun mencatat bahwa setiap kali seseorang men-tweet simbol saham utama, dana yang diperdagangkan di bursa atau cryptocurrency dengan $ di depannya, orang akan dapat melihat tautan yang dapat diklik yang membawa mereka ke hasil pencarian yang sekarang akan menyertakan grafik harga untuk simbol-simbol itu.

Juga dicatat bahwa hanya mencari simbol ticker, baik untuk saham atau kripto, juga akan memunculkan grafik harga.

Cointelegraph menemukan bahwa sejumlah variasi Bitcoin seperti “$Bitcoin,” “Bitcoin price” dan “BTC price” juga memunculkan grafik harga, dengan pencarian yang sesuai juga berfungsi untuk Ethereum.

Blogger teknologi Jane Mastodon Wong mencatat kepada 158.700 pengikutnya di Twitter, pada Rabu, bahwa grafik pencarian untuk BTC dan ETH tersebut bersumber dari platform analisis perdagangan TradingView.

Grafik harga juga menyertakan tautan “Lihat di Robinhood” yang dapat diklik di pojok kiri bawah, menunjukkan bahwa platform perdagangan ritel telah bekerja sama dengan Twitter untuk integrasi ini.

Di sana, pengguna dibawa ke bagan harga Robinhood untuk ETH, yang menyediakan tautan tambahan di bawah yang menyatakan “Daftar untuk Membeli Ethereum.” Tautan yang sama juga disediakan untuk Bitcoin.

Namun, tidak ada detail kemitraan yang diungkapkan antara Twitter dan Robinhood.

Integrasi grafik harga Twitter bisa dibilang menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke Robinhood, karena #Bitcoin sendiri di-tweet kira-kira 120.000 kali per hari, menurut data dari BitInfoCharts.

#Ethereum di sisi lain berada di sekitar kisaran 25.000.

[ab]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait