Uang Masuk Seret, Bos Sandbox Tetap Percaya Metaverse Terus Tumbuh

Metaverse mungkin telah kehilangan daya tariknya bagi investor saat kecerdasan buatan (AI) menjadi sorotan, tetapi salah satu pendiri dan bos Sandbox, Sebastien Borget tetap optimis tentang masa depan industri ini.

Meskipun menghadapi tantangan dalam mengumpulkan modal untuk perusahaan game Web3 ini, Borget percaya bahwa metaverse bukan hanya sekadar hype dan memiliki potensi yang sangat besar.

Bahkan saat kegilaan metaverse setahun setengah yang lalu, mendapatkan pendanaan bukanlah hal yang mudah bagi The Sandbox.

“Kami sangat berkomitmen untuk menunjukkan dengan konkret apa yang mungkin di metaverse sesegera mungkin. Kami telah memperlihatkan bahwa ini bukan hanya tentang permainan, tetapi sebuah format hiburan baru yang berada di antara interaksi sosial dan gamifikasi,” kata Borget, sebagaimana dikutip media finansial Forbes.

“Dan kami akan memperlihatkan bahwa Sandbox adalah tangguh dan tidak bergantung pada kejatuhan pasar teknologi atau kripto,” tambah pria Prancis berusia 38 tahun itu.

Biasanya, Borget dan sesama pendiri Arthur Madrid membutuhkan waktu hampir satu tahun untuk menyelesaikan putaran pendanaan.

Meyakinkan investor bahwa perusahaan ini, sebagai anak perusahaan dari Animoca Brands, investor blockchain terbesar di Asia, dapat membangun metaverse terdesentralisasi adalah bagian yang paling memakan waktu dalam proses tersebut.

Borget membuat ilustrasi, bahwa menjalankan Sandbox seperti maraton panjang yang terdiri dari banyak lari cepat.

Saat ini, dengan suku bunga yang lebih tinggi yang mengurangi minat investor terhadap investasi berisiko, mengumpulkan modal menjadi semakin sulit.

Metaverse bukan lagi kata yang populer seperti sebelumnya, karena konsep ini terbukti memakan waktu dan mahal untuk direalisasikan.

Sebagai gantinya, investor telah beralih perhatiannya kepada AI, terinspirasi sebagian oleh popularitas chatbot ChatGPT dari OpenAI.

Meskipun minat investor menurun, Borget yakin bahwa metaverse akan berkembang menjadi industri bernilai miliaran dolar.

Beberapa sektor, termasuk ritel dan pendidikan, telah memasuki ruang yang baru ini.

Meskipun jumlah pemain Sandbox saat ini lebih sedikit dibandingkan dengan permainan terkenal seperti Fortnite yang menggabungkan elemen metaverse, Borget memperkirakan pertumbuhan dua digit, sebagian didorong oleh booming AI.

“Kami memiliki lebih banyak kreator daripada sebelumnya, lebih banyak pengguna daripada sebelumnya, dan lebih banyak merek daripada sebelumnya. Hal ini terjadi karena terdapat utilitas nyata di balik tanah virtual dan avatar. Orang-orang melihat bahwa mereka dapat bermain, terlibat, dan memonetisasi tanah dan kreasi mereka,” ucap Borget penuh antusias.

Borget melihat AI, termasuk alat seperti ChatGPT, sebagai pendorong bagi perkembangan dan populasi metaverse yang lebih cepat.

Perusahaan seperti Activision Blizzard sudah menggunakan AI generatif untuk mempercepat proses desain dan pengembangan permainan.

Borget percaya bahwa AI dapat membantu menjadikan metaverse sebagai lingkungan yang lebih aman dengan menyaring bahasa yang mengandung unsur ofensif dalam percakapan di dalam permainan.

The Sandbox telah aktif bereksperimen dengan AI, bekerja sama dengan perusahaan yang menciptakan avatar berdasarkan petunjuk teks atau gerakan manusia yang diabadikan dalam video.

Perusahaan ini mencari kolaborasi, investasi, dan potensi akuisisi perusahaan AI untuk meningkatkan permainan metaverse mereka.

Kolaborasi-kolaborasi ini dapat meningkatkan gameplay dan pengalaman lainnya dalam properti virtual Sandbox.

“Daripada menjadi penonton dan hanya melihat aset merek di media sosial, tanah virtual Charles & Keith mendorong interaksi, di mana pengguna dapat bermain dan mendapatkan NFT,” kata Keith Wong, salah satu pendiri dan COO Charles & Keith, dalam tanggapan tertulis.

Dengan salah satu platform metaverse terdesentralisasi terbesar dalam hal pemilik tanah, Sandbox telah menarik lebih dari 23.500 pemilik tanah virtual dan lebih dari 400 kemitraan merek.

Beberapa mitra terkenal termasuk pengembang permainan Netmarble dan rumah mode Charles & Keith. Perusahaan ini menghasilkan penjualan sebesar $1 juta selama kuartal pertama tahun ini.

Hanya saja, tidak semua investor tidak memiliki rasa antusiasme yang sama. Modal yang diinvestasikan ke startup Web3 pada kuartal pertama turun menjadi US$2 miliar, level terendah sejak tahun 2020, menurut data penyedia pendanaan Crunchbase.

Angka tersebut menurun dari US$10,8 miliar pada kuartal pertama tahun lalu. Sementara itu, dana yang terkumpul oleh startup AI generatif dalam tiga bulan pertama tahun ini lebih dari dua kali lipat dari periode yang sama pada tahun 2022, mencapai total US$1,7 miliar, demikian dikutip data PitchBook. [ab]

Terkini

Warta Korporat

Terkait