spot_img
spot_img

Upgrade Ethereum, EIP1559 Dijadwalkan Selesai Agustus Ini

EIP1559, bagian dari upgrade terbaru dari Ethereum, menjadi hal yang sangat ditunggu para pecinta altcoin, di mana ini telah dijadwalkan akan selesai pada bulan Agustus mendatang.

Pembaruan EIP1559 Ethereum 

EIP1559, yang merupakan bagian dari hardfork London, telah diusulkan untuk aktivasi di mainnet pada block ke-12.965.000.

Menurut usulan Tim Beiko, koordinator kunci untuk berbagai peneliti yang bekerja pada EIP-1559, pembaruan ini diperkirakan akan selesai pada bulan Agustus, meski tanggalnya belum dapat dikonfirmasikan.

“Tanggalnya akan tergantung pada apakah ada yang keberatan dengan block yang diusulkan dalam 24 jam ke depan, tetapi ‘harus’ mendarat pada 4 Agustus,” kata Tim Beiko, dilansir dari Crypto Briefing, Selasa (6/7/2021).

Awalnya, pembaruan ini diperkirakan akan selesai sekitar 14 Juli, meskipun beberapa anggota komunitas Ethereum telah menduga bahwa itu mungkin akan sedikit tertunda selama beberapa minggu terakhir. Dan progres terbaru Saat ini sedang melalui peluncuran di berbagai testnet Ethereum.

Mengapa EIP-1559 sangat ditunggu? Itu karena pembaruan ini akan memperkenalkan pembakaran (burn) biaya gas pada setiap transaksi di Ethereum, yang diharapkan dapat mempermudah dalam menentukan harga suatu transaksi (pengguna saat ini harus memasukkan penawaran dan seringkali berakhir dengan membayar lebih untuk gas).

Burn biaya transaksi juga akan berperan sebagai pembelian kembali, yang akan mengurangi pasokan ETH, yang akan mengarah pada kelangkaan aset, walaupun pasokan maksimal ETH tidak akan pernah ada alias unlimited.

Jika jaringan melihat aktivitas yang cukup, tingkat pembakaran bisa melampaui penerbitan, menjadikan ETH sebagai aset anti-inflasi.

Kesalahpahaman umum tentang EIP-1559 adalah bahwa hal itu dapat mengurangi biaya gas di jaringan.

Meskipun seharusnya sedikit mengurangi biaya penggunaan jaringan, solusi Layer 2 dan penyelesaian Ethereum 2.0 diharapkan memiliki lebih banyak dampak pada biaya gas.

Fase Selanjutnya 

Setelah pembaruan ini selesai, langkah utama Ethereum berikutnya adalah fase “penggabungan” Ethereum 2.0, yang akan memastikan Beacon Chain saat ini merapat ke mainnet Ethereum saat Proof-of-Stake (PoS) aktif, yang diperkirakan akan terjadi pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Pembaruan ini pun telah menarik banyak sekali tanggapan positif dari influencer kripto utama di Youtube dan para pelaku institusi.

Karena, selain berpotensi menjadi aset “deflatif”, ETH pun nantinya akan sangat berbeda dengan sebelumnya sehingga ini adalah pembaruan yang sangat fenomenal yang digadang akan membuat ETH mampu melampaui Bitcoin. Kita tunggu saja. [st]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait