spot_img
spot_img

US$3 Milyar ETH “Terkunci” di Ethereum 2.0

Sekitar 2,6 juta ETH dari pasokan beredar, 114,3 juta ETH telah “terkunci” di Ethereum 2.0, menurut data Dune Analytics. Ketika artikel ini disusun, ETH itu bernilai US$3,2 milyar.

Blockchain Ethereum 2.0 tahap pertama, yang aktif mulai 1 Desember 2020, adalah pembaruan blockchain bertahap yang bertujuan mengubah algoritma konsensus proof of work Ethereum menjadi proof of stake.

Untuk meluncurkan versi 2.0, minimal ETH yang terakumulasi adalah 524.288 ETH. Saat ini, jumlah ETH yang disetorkan 4,9 kali lebih besar dari yang dibutuhkan.

Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah, seiring dengan perkembangan Ethereum 2.0 itu sendiri yang diperkirakan rampung pada tahun 2022 atau 2023.

Menurut CryptoQuant, lebih dari 4.800 pengguna telah mendepositkan 32 ETH atau lebih ke versi 2.0 itu. 32 ETH adalah jumlah minimal yang disyaratkan yang juga dikenal dengan istilah staking itu.

Proof of stake membutuhkan validator yang menyetorkan ETH mereka untuk mendapatkan hak memverifikasi transaksi.

Validator dipilih untuk memverifikasi block berdasarkan jumlah setoran dan jangka waktu setoran mereka.

Staking ETH di Ethereum 2.0 Kini Semakin Mudah

Metode ini akan mengganti sistem penambangan melalui Proof of Work yang memakan energi tinggi dan bergantung kepada daya komputasi, seperti Bitcoin.

Uji Unggul antara Proof of Work dan Proof of Stake

Keuntungan utama sistem tersebut adalah lebih hemat energi dibanding proof of work. Validator tidak memerlukan komputer kuat untuk mengamankan jaringan, cukup yang berspesifikasi komputer server. [decrypt.co/ed]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait