US$375 Juta Dihabiskan, Strategi Bitcoin El Salvador Dinilai Gagal

Strategi Bitcoin El Salvador menjadi sorotan dan dinilai gagal, setelah tidak banyak yang dihasilkan dari upaya negara tersebut dalam mengadopsi BTC.

El Salvador adalah negara pertama di dunia yang mengesahkan, alias legal tender, Bitcoin (BTC) sebagai mata uang sah, bersanding dengan dolar AS.

Selain itu, Presiden El Salvador, Nayib Bukele, juga menghadirkan berbagai upaya adopsi lain seperti dompet kripto Chivu, ATM kripto, penambangan kripto bertenaga gunung berapi, berinvestasi di BTC dengan uang negara dan lain sebagainya.

Di tengah bearish pasar kripto, investasi BTC mengalami penurunan nilai dan merugi di atas kertas, yang membuat keputusan negara tersebut dalam legal tender BTC menjadi sebuah langkah yang buruk.

IKLAN

Strategi Bitcoin El Salvador Dinilai Gagal 

Berdasarkan laporan CNBC, salah seorang penduduk El Salvador, Edgardo Acevedo (37 tahun), melihat strategi Bitcoin negaranya telah gagal.

Menurutnya, legal tender BTC hanya membuat negaranya lebih dikenal saja, tetapi tidak memberi dampak positif yang nyata bagi perekonomian rakyatnya, bahkan sebagian nasibnya menjadi lebih buruk.

Insinyur pembangunan tersebut juga mengatakan bahwa meski BTC ramai diperbincangkan, tetapi tingkat adopsinya masih tetap rendah.

“hanya ada sedikit bisnis yang menerima cryptocurrency terbesar di dunia [BTC], dan bahkan lebih sedikit orang Salvador yang ingin membayar dalam token digital,” ujar Edgardo.

IKLAN

Edgardo pun mengatakan bahwa sejak adopsi BTC disahkan, yang meningkat justru hanya kasus kekerasan dan kejahatan. Perekonomian rakyat tetap jalan di tempat dan itu adalah fakta.

Penggunaan BTC di kalangan masyarakat pun masih terbilang rendah, sejak harga aset kripto utama tersebut terdepresiasi lebih dari 60 persen sejak legal tender negara tersebut.

Bahkan, data dari Bloomberg pun kini menunjukkan bahwa El Salvador berada di peringkat atas negara-negara berkembang yang rentan terhadap default pinjaman atau utang.

Tentu saja, di masa crypto winter, akan sulit bagi siapa saja untuk mengembangkan proyek dan adopsi terkait kripto di kehidupan nyata. Itu akan lebih mudah saat pasar mulai bersemi. Mari kita saksikan. [st]

 

 

 

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait