Otoritas Venezuela menyita 76 alat tambang Bitcoin, karena ilegal dan terbukti tidak memiliki dokumen yang lengkap.

Menurut Pengawal Nasional Bolivarian Venezuela (GNB), petugas menyita alat tambang Bitcoin itu, karena curiga dikirim secara ilegal. Pengirim juga tidak memiliki dokumen sah.

GNB menyatakan dokumen pengiriman tidak memastikan soal peredaran, kepemilikan dan pengoperasian alat tambang aset kripto nomor wahid itu.

GNB sendiri tidak mengungkapkan jenis rig penambangan yang disita pejabat militer dalam operasi lalu lintas rutin itu, dilansir dari Finbold.

Namun, gambar rig penambangan menunjukkan tergolong jenis ASIC (Application-Specific Integrated Circuit).

Sebenarnya Venezuela tidak melarang kegiatan menambang aset kripto termasuk Bitcoin di negerinya.

Hanya saja mereka memiliki peraturan cukup ketat, khususnya soal kepemilikan, izin kirim dan sejumlah dokumen sah lainnya.

Bahkan, pihak militer sendiri memiliki divisi khusus untuk menambang aset kripto, demi menambah pendapatan.

Menurut Jenderal Lenin Herrera, langkah itu untuk menambah penghasilan anggotanya, akibat kesulitan ekonomi.

Sejak tahun 2018 Venezuela memutuskan beralih ke aset kripto sebagai sarana menopang ekonomi dalam negeri yang kian rapuh. Hiperinflasi di negeri itu sudah ribuan kali lipat.

Negara ini melegalkan penambangan Bitcoin melalui Lembaga Pengawasan Nasional Aset Kripto dan Aktivitas Terkait (Superintendencia de Criptoactivos y Actividades Conexas de Venezuela atau Sunacrip).

Institusi tersebut bertanggung jawab penuh memberikan izin dan mengawasi semua aktivitas penambangan Bitcoin di negara itu.

Khusus penambangan berada di bawah National Digital Mining Pool, sebuah badan yang menyatukan semua penambang di dalam wilayah Venezuela.

Penambangan juga berada di lingkungan berpenghasilan rendah. Namun tidak dengan perumahan bersubsidi. Hal ini selaras dengan konsumsi daya listrik penambangan Bitcoin.

Begitu juga, aturan lingkungan negara untuk aset kripto sejalan dengan langkah yang  mengadopsi Bitcoin.

Penerapan aset kripto di Venezule adalah menjadi solusi tepat bagi negara yang mengalami hiperinflasi. [bar]

Protected with blockchain timestamps

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO