spot_img
spot_img

Versi Baru, Ethereum “Bakar-Bakar Duit” Rp143 Juta Per Menit

Setelah pembaruan London yang telah lama ditunggu menambahkan mekanisme pembakaran token pada Ethereum, jaringan tersebut sudah membakar rata-rata 3,68 ETH senilai US$10.295 atau Rp143 juta per menit.

Alih-alih menjadi cuan para penambang, Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559 menjadikan sebagian biaya transaksi, yang disebut biaya dasar, kini dimusnahkan dalam setiap blok.

Menurut rincian proposal tersebut, hal ini dilakukan demi mengimbangi inflasi Ethereum tetapi tetap memberikan imbalan blok dan biaya prioritas kepada penambang. Biaya prioritas adalah biaya maksimal yang pengguna bersedia bayar agar transaksi mereka diproses cepat.

Data etherchain.org menunjukkan, sekitar 3,7 ETH atau US$10 ribu dibakar di jaringan Ethereum per menitnya. Sementara itu, sekitar 630 ETH senilai US$1,77 juta dibakar dalam hitungan jam setelah pembaruan London diaktifkan.

Biaya dasar pemakaian jaringan Ethereum berfluktuasi antara 70 Gwei (US$5.84) dan 100 Gwei (US$8.34) selama beberapa jam terakhir.

Pembakar ETH terbesar saat ini adalah marketplace NFT OpenSea. Data dari ultrasound.money mengungkap, sejak pembaruan London lebih dari 69 ETH senilai US$193.124 telah dimusnahkan berkat transaksi yang terjadi melalui OpenSea.

OpenSea disusul oleh dua versi bursa desentralistik Uniswap, yaitu Uniswap V2 yang membakar 53.33 ETH dan Uniswap V3 yang membakar 45.25 ETH.

Sejauh ini, para pakar dan komunitas kripto menunjukkan sentimen positif terhadap hard fork London tersebut.

Chief Financial Officer bursa desentralistik DeversiFi, Ross Middleton, berkata pembaruan jaringan EIP-1559 merupakan hari besar bagi ekosistem Ethereum.

“Kini, setiap transaksi, pembelian NFT atau peminjaman di jaringan Ethereum akan berakibat ETH dibakar dan hilang. Hal ini menjadikan ETH menjadi aset deflasi anti-inflasi,” jelas Middleton.

Ia membandingkan mekanisme pembakaran ETH baru tersebut dengan saham tradisional. Menurut Middleton, pembakaran ETH mirip seperti bila Apple Inc membakar saham AAPL setiap kali ada pelanggan yang membeli dari Apple App Store atau melakukan pembelian melalui aplikasi.

Kendati disambut baik, dampak EIP-1559 terhadap harga ETH tidak terlalu besar. Menurut data CoinGecko, ETH diperdagangkan pada harga US$2.800, naik 4,9 persen dalam 24 jam terakhir. [decrypt.co/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait