ViaWallet | Sedalam Apakah Anda Mengetahui Booming NFT?

Semakin ke sini, booming NFT terus meningkat hingga mencatat rekor baru dalam hal volume transaksi.

Menurut Dune Analytics, volume transaksi satu hari dari marketplace NFT OpenSea saja, itu telah mencapai hampir US$360 juta, atau setara Rp5,16 triliun.

Booming NFT Saat Ini

Secara khusus, seri NFT ternama seperti CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club masih menjadi NFT terlaris untuk waktu yang lama.

Juga, investor yang membeli NFT seperti itu di masa awal penjualan telah menerima pengembalian nilai investasi yang lebih dari sekadar kata “bagus”. Dan saat ini, mari kita telisik proyek NFT yang sedang booming:

CryptoPunks 

cryptopunks boom nft

CryptoPunks diluncurkan pada tahun 2017 yang menjadi salah satu “pendahulu” dalam koleksi digital, yang memiliki total 10.000 NFT, yang kesemuanya adalah gambar seni 24×24 piksel.

Meskipun gambar-gambar ini dihasilkan secara acak, masing-masing NFT memiliki karakteristiknya sendiri.

Pada awalnya, NFT CryptoPunks ini dapat dicetak secara gratis dan siapa pun yang memiliki dompet Ethereum dapat menerima NFT ini dengan membayar biaya gas tertentu.

Namun, pada tahun 2021, penggunaan NFT menjadi booming sebagai foto profil di antara pengguna SNS.

Karena banyak tokoh ternama di industri kripto di Twitter yang mulai menggunakan NFT ini sebagai foto profil mereka, koleksi digital ini pun dengan cepat menjadi viral.

Ketenaran ini tentu beriringan dengan nilai dari NFT Cryptopunks yang meningkat pesat.

Saat ini, NFT termahal dalam seri ini adalah CryptoPunks#9998, yang dijual seharga 12.446 ETH. Menurut harga pasar saat itu, NFT bernilai sekitar US$530 juta.

Selain itu, kapitalisasi pasar CryptoPunks juga telah mencapai US$1,6 milyar, menempatkannya sebagai seri NFT paling berharga.

Bored Ape Yacht Club

Jika CryptoPunks viral berdasarkan penggunaan profil pribadi, NFT Bored Ape Yacht Club menjadi boom melalui pasar arus utama.

Bored Ape Yacht Club (BAYC) berhasil “mendapatkan nama” dari pemain NBA Stephen Curry, penyanyi seperti Eminem, Justin Bieber dan Timbaland, pembawa acara talk show Jimmy Fallon, serta merek terkenal Adidas. Kesemuanya membeli NFT BAYC dengan bangga dan menopang nama NFT ini hingga kian besar dan menjadi sangat bernilai.

Seri NFT bertema kera ini terdiri dari 10.000 NFT kera acak, di mana masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda seperti ekspresi wajah, pakaian, aksesori dan banyak lagi.

Selain itu, dibandingkan dengan NFT lainnya, NFT BAYC tidak hanya berharga untuk dikoleksi, tetapi juga kartu keanggotaan untuk memasuki Yacht Club.

Azuki

Azuki

Azuki adalah seri NFT yang baru saja dirilis pada bulan Januari 2022 lalu.

Seri ini memiliki 8.700 NFT pada awal perilisan, yang dijual dengan harga 1 ETH per NFT-nya dan semua habis terjual hanya dalam waktu tiga menit saja.

Tentu saja, itu telah menjadikan Azuki sebagai seri NFT paling popular dan dianggap sebagai boom NFT terbaru di tahun 2022.

Bulan ini, harga dasar dari koleksi digital ini telah melonjak, hingga 14 ETH.

Dengan total kapitalisasi pasar yang hampir menyentuh US$190 juta, Azuki sekarang menjadi seri NFT paling berharga kedelapan, dengan harga NFT termahal yang dijual seharga 204 ETH, atau sekitar US$600.000. [st]

 

 

spot_img

Terkini

Terkait