Vitalik Buterin Bantu Dogecoin Agar Hijrah ke PoS

Vitalik Buterin, si Pendiri Ethereum akhirnya mengakui membantu Dogecoin (DOGE) hijrah ke sistem blockchain Proof-of-Stake (PoS). Buterin didapuk sebagai anggota Dewan Penasihat Dogecoin Foundation sejak tahun lalu.

Hal itu ia sampaikan dalam sesi wawancara di UpOnly, belum lama ini. Ia mengatakan, algoritma konsensus PoS menjadi tren blockchain di masa depan, seiring Ethereum sendiri akan merampungkan versi 2.0-nya yang juga merangkul sistem serupa.

“Setiap cryptocurrency besar, memiliki rencana aktif untuk beralih ke Proof-of-Stake. Saya pikir alasan seperti itu menjadi tegas setelah Ethereum hijrah sepenuhnya juga menjadi Proof-of-Stake. Dogecoin Zcash juga kelak demikian,” sebutnya.

Dogecoin sejak berdiri pada tahun 2013 masih mengusung Proof-of-Work, dengan pasokan 10 ribu DOGE baru per menit, tanpa ada batas maksimal pasokan.

Buterin merujuk pada proposal yang diterbitkan pada Natal tahun lalu di situs Dogecoin Foundation, yang menguraikan strategi untuk menerapkan Dogecoin menjadi PoS. Dengan sistem baru ini kelak akan diterapkan DAO agar setiap pemegang kripto itu bisa berpartisipasi mengembangkan ekosistem.

Kabar Vitalik membantu “memperbaiki” Dogecoin sudah pernah bergaung pada awal September 2021 lalu. Kala itu di Twitter ia menyarankan¬†Dogecoin kelak akan memakai Sistem Proof-of-Stake, seperti Ethereum 2.0 yang saat ini dalam proses hijrah dari Proof-of-Work (PoW). Satu bulan lalu Vitalik didapuk sebagai penasihat Dogecoin Foundation.

“Secara pribadi, saya berharap Dogecoin bisa beralih ke sistem Proof-of-Stake (PoS), mungkin dengan memanfaatkan kode Ethereum. Namun, itu bukan berarti akan mengubah pasokan DOGE baru yang mencapai 5 milyar DOGE per tahun. Selain itu bisa menyematkan sistem DAO agar lebih bermanfaat bagi publik,” kata Vitalik waktu itu.

Vitalik Buterin Jadi Penasihat Dogecoin Foundation

Pada Agustus 2021 lalu, Vitalik didapuk sebagai anggota Dewan Penasihat Dogecoin Foundation. Sebagai anggota baru, dia memberikan masukan perihal teknis blockchain dan kripto. Selain Vitalik, anggota penasihat lainnya adalah Elon Musk yang diwakili oleh Jared Birchall.

Elon Musk juga dikenal sebagai “pembela Dogecoin” sejak tahun 2020 dan secara terbuka mengakui sudah mendekati pihak lead developer Dogecoin.

Namun Elon Musk menyangkal keterlibatan dirinya di Dogecoin Foundation pada akhir Oktober 2021 lalu.

“Jared dan saya tidak ada hubungan sama sekali dengan Dogecoin Foundation,” kata Elon merespons cuitan Mishaboar pada 24 Oktober 2021. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait