Vitalik: Pasar Kripto Terkoreksi Justru Bagus

Aset kripto mengalami penurunan besar seiring minat pembeli mengering. Dalam waktu dekat, analis melihat skenario penurunan lebih tajam dapat terjadi.

Kendati saat ini terjadi koreksi hebat yang menggerus harga aset-aset kripto, pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, menyarankan peristiwa ini justru baik bagi kesehatan jangka panjang pasar kripto.

Saat kritikus kripto seperti Peter Schiff sang investor emas menyoraki kondisi pasar kripto dan menginginkan harga Bitcoin terus jatuh, Buterin berkata sebaliknya. Pendukung kripto serta pengembang blockchain akan menyambut bear market dengan tangan terbuka.

Pasalnya, para peserta kripto yang masih bertahan setelah pasar kripto porak-poranda merupakan pendukung garis keras dan inovator, bukan spekulan jangka pendek yang lemah.

“Mereka menyabut bear market sebab ketika terjadi periode panjang dimana harga terus naik seperti belum lama ini, hal itu membuat banyak orang bahagia tetapi juga mengundang banyak perhatian spekulasi jangka pendek,” jelas Vitalik kepada kanal berita Bloomberg.

Pendiri Ethereum tersebut menambahkan, proyek-proyek yang mengandalkan hype cenderung mati saat bear market melanda. Hanya proyek-proyek yang memiliki tim, komunitas serta struktur kuat yang dapat bertahan di tengah badai.

Bitcoin (BTC) dan aset kripto lain berada dalam tren menurun sejak mencapai rekor harga tinggi pada bulan November. Aset kripto wahid itu jatuh di bawah level harga psikologis US$40 ribu mencapai US$35.150 saat ini, atau turun sebesar 7,5 persen dalam 24 jam terakhir.

BTC berada pada posisi -49 persen dari harga tertinggi US$69.045 menurut data CoinGecko.

Ethereum (ETH), aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, mengalami nasib lebih buruk. ETH saat ini diperdagangkan pada harga US$2,401 atau turun 50,7 persen dari rekor harga yang dicapai pada bulan November.

Para analis memerhatikan US$30 ribu sebagai level support berikut bagi BTC. Bila harga ini gagal bertahan, BTC dapat terus longsor seperti koreksi sebesar 80 persen yang terjadi semasa bear market pada tahun 2018.

Bear market berkepanjangan merupakan hal yang tidak disukai investor kripto. Agar bertahan, investor harus berpegang teguh dan mengadopsi mentalitas jangka panjang alih-alih jangka pendek.

Buterin menegaskan, harga yang berada di rentang bawah akan membantu para pengembang kripto memberikan perhatian penuh kepada perbaikan infrastruktur dan teknologi yang mendukung adopsi lebih luas. [zycrypto.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait