Volume Perdagangan Crypto di DEX Hampir Berlipat Ganda Sepanjang November

Kejatuhan FTX yang merupakan salah satu CEX (centralized crypto exchange) membuat para trader beralih ke DEX (Decentralized crypto exchange) yang akhirnya meningkatkan volume perdagangan crypto di DEX pada November kemarin.

CEX seperti Binance dan Coinbase tetap mengalami peningkatan volume perdagangan sebesar 24 persen menjadi US$673 milyar, jika dibandingkan Oktober lalu sebesar US$543 milyar, dikutip dari Theblock.

Namun, DEX mengalami peningkatan yang substansial karena volume perdagangannya berlipat ganda dari US$34 milyar menjadi US$65 milyar atau sebanyak 93 persen.

Peningkatan yang pesat ini disebabkan banyak hal. Namun, salah satu alasan terbesar karena DEX lebih aman digunakan. Jadi, peluang masalah FTX akan terjadi kembali menjadi minim.

IKLAN

Mengapa Volume Perdagangan Crypto di DEX Meningkat Pesat?

Permasalahan FTX yang menggunakan sistem CEX ternyata memiliki banyak masalah. Contohnya saja pengguna tidak bisa mengendalikan aset mereka.

Justru pihak bursa kripto bisa melakukan kendali secara penuh. Jadi, tidak heran jika Sam Bankman-Fried, CEO FTX pada waktu itu bisa memindahkan aset para penggunanya ke Alameda Research dengan aman tanpa terdeteksi.

“Peristiwa tersebut memberikan sentimen negatif dan krisis kepercayaan dari para pengguna. Hal ini membuat pengguna beralih ke DEX dimana mereka bisa mengendalikan dananya sendiri,” ujar Lars Hoffsman, peneliti The Block.

Selain pengendalian dana pribadi secara penuh. Sistem DEX sendiri memberikan dua keuntungan lainnya.

IKLAN

Pertama, transparansi. Semua transaksi yang terjadi pada DEX akan tercatat di blockchain tanpa campur tangan pihak manapun.

Jadi, setiap transaksi yang ada akan terlihat lebih jelas dan transparan.

Kedua, risiko pihak lawan yang sering terjadi dalam bentuk penolakan pengajuan penarikan dana oleh pihak bursa kripto.

Peristiwa ini sering sekali terjadi terutama saat FTX mulai bermasalah. FTX sebagai CEX bisa melakukan hal ini karena aset yang ada dijalankan di dalam black box, dikutip dari Blockchainmediaindonesia.

Pencegahan penarikan biasa dilakukan jika bursa tersebut mengalami masalah likuiditas ataupun kebangkrutan.

Dua alasan tersebut menjadikan DEX sebagai alternatif terbaik bagi trader yang ingin bertransaksi di kripto.

Walaupun masih banyak yang harus diperbaiki. Tapi, DEX menawarkan keamanan yang baik. Pada akhirnya volume perdagangan crypto di DEX pun meningkat dengan pesat. [az]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait