Wakil Menteri Rusia: Peraturan Penambangan Kripto Harus Segera Terbit

Wakil Menteri Energi Rusia, Evgeny Grabchak menyarankan pemerintah Rusia menerapkan aturan legal bagi penambangan kripto. Ia berpendapat regulasi regional bisa lebih efisien dibanding hukum federal.

Ia menambahkan, regulasi tersebut harus digarap segera agar tetap mengikuti inovasi terbaru. Dengan adanya aturan itu, Rusia berada di ambang menegaskan ketidakjelasan terkait regulasi penambangan kripto.

Rusia dan Peraturan Penambangan Kripto 

Grabchak menekankan, legalisasi penambangan Bitcoin (BTC) dan kripto lainnya membantu badan pemerintah terkait memastikan ketaatan hukum sekaligus memberi insentif bagi pertumbuhan aset digital di Rusia.

Dikutip dari Ethereum World News, Grabchak berkata, “Ketidakjelasan legal mengakibatkan kesulitan untuk mengatur area penambangan kripto secara jelas. Kekosongan legal ini harus ditindaklanjuti sesegera mungkin.”

Bila Rusia ingin merangkul bisnis gurih ini, maka tidak ada pilihan selain menetapkan regulasi resmi dan menambahkan konsep penambangan ke kerangka regulasi, tambah Grabchak.

Selain itu, Grabchak berpendapat penerapan hukum penambangan di tingkat regional merupakan rute optimal untuk memuluskan operasi kripto dengan strategi pengembangan lokal.

Ia menghimbau pemerintah untuk memberikan fasilitas energi gratis dan menentukan lokasi spesifik bagi setiap usaha penambangan.

Komentar dari wakil menteri tersebut melengkapi rencana Rusia menghadapi inovasi digital.

Pada September 2021, Ketua Pasar Keuangan Komite Duma, Anatoly Aksakov, mengumumkan rencana untuk mengakui pertumbuhan bisnis penambangan kripto sebagai praktik yang legal.

Kendati demikian, Bank Sentral Rusia membalas dengan proposal pelarangan penambangan kripto dan penggunaan aset digital apapun.

Terlepas dari perlawanan sengit dari bank sentral, Presiden Vladimir Putin bersikeras aset kripto memiliki potensi bagi ekonomi Rusia. Ia memerintahkan badan terkait untuk mempersiapkan regulasi yang bersahabat.

Sejak itu, Kementrian Keuangan telah menyerahkan proposal regulasi pertama untuk melegalisasi Bitcoin dan aset virtual lain sebagai instrumen investasi. Tetapi, proposal itu menegaskan kripto tidak akan menjadi mata uang sah dalam waktu dekat.

Terbuka Jual Minyak Pakai Bitcoin 

Terbaru, Rusia juga mengumumkan rencana untuk menerima BTC sebagai alat pembayaran bagi sumber energi minyak. Hal itu demi mengurangi dampak sanksi keuangan yang dikenakan negara-negara Barat. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait