Waspada Harga AVAX Terseret Imbas Ambrolnya Harga Terra (LUNA) dan UST

Harga kripto Avalanche (AVAX) terseret imbas ambrolnya harga TerraUSD (UST) terhadap USD. Pasalnya, AVAX menjadi salah satu aset kolateral yang digunakan untuk menopang harga UST.

Siang hari ini, harga AVAX jatuh lebih dari 55 persen ke kisaran US$24,80 dalam kurun waktu 24 jam terakhir, menjadi level terendah sejak September 2021.

Penurunan ini terjadi bersamaan dengan nilai UST yang kini anjlok ke US$0,56 sehingga mencabut statusnya sebagai stablecoin bagi para trader dan investor.

Insiden kegagalan UST terjadi sekalipun Luna Foundation Guard (LFG), yayasan nirlaba asal Singapura yang didukung TerraLabs, menggelontorkan cadangan kripto demi menopang harga UST.

Cointelegraph melaporkan, LFG saat ini menyimpan 1,97 juta AVAX, menurut data dari analis CrypOrca.

Sentimen serupa dialami oleh Terra (LUNA), aset kripto lain yang disimpan LFG sebagai kolateral untuk menopang UST. Siang hari ini, nilai LUNA turun lebih dari 90 persen, performa harian terburuk sepanjang riwayatnya.

Sebelumnya, investor Avalanche tampak berusaha menyelamatkan AVAX, saat turun di bawah level support sekitar US$36 yang berpapasan dengan garis retracement Fibonacci 0,238 dari swing low US$0,29 ke swing high US$34,52.

Hanya terjadi beberapa pantulan kecil untuk upaya penyelamatan, yang pada akhirnya masih belum sanggup mengangkat harga AVAX, yang justru kini makin terpuruk ke level yang semakin rendah.

Kendati demikian, pola bullish reversal tampaknya mustahil sebab pergerakan harga AVAX mengalami resistance kuat diakibatkan beberapa faktor.

Peluang untuk pemulihan pun terlihat sangat sulit untuk terwujud karena dorongan aksi jual masih belum terbendung. Tidak ada tanda perlawanan yang baik dari buyer karena sentimen buruk benar-benar menyelimuti kripto Avalanche ini.

AVAX pun turut menghadapi hambatan dari suku bunga tinggi yang mengakibatkan kelesuan sentimen positif di seluruh pasar aset kripto.

Tentu saja, berbagai sentimen yang kurang menguntungkan akan memperkecil peluang masuknya aksi beli besar, yang bahkan untuk sekadar koreksi saja masih diragukan kemungkinannya.

Faktor positif yang mendukung AVAX adalah dana investasi Valkyrie Funds asal AS mengumumkan peluncuran Avalance Trust (VAVAX) bagi investor terakreditasi. Minimum investasi untuk berpartisipasi adalah US$25 ribu dan telah menarik dana sebesar US$25 juta dari investor. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait