Waspada! Harga Shiba Inu (SHIB) Bisa Rontok Karena Ini

Harga Shiba Inu (SHIB) bisa saja rontok besar walaupun whale ETH melipatgandakan akumulasinya terhadap kripto berlambang anjing Jepang ini.

Pasar kripto secara keseluruhan memang naik hari ini, termasuk meme crypto seperti Shiba Inu yang masih berada di 20 besar versi Coinmarketcap.

Shiba Inu misalnya sempat naik 8,1 persen dalam 24 jam terakhir, membalikkan tren penurunan yang dialami selama minggu sebelumnya dan melindungi kripto pesaing Dogecoin ini dari kerugian yang tidak proporsional.

Meskipun ini mungkin membuat investor happy untuk sementara, SHIB sejatinya belum mengalami pertumbuhan baik, karena saat ini diperdagangkan pada harga yang sama, US$0,000012 seperti yang terjadi selama penurunan hampir 60 persen pada April dan Mei 2022.

IKLAN

Berdasarkan data dari Whalestat, whale Ether (ETH) telah membeli SHIB sebanyak 334 miliar SHIB dengan volume US$3,54 juta selama 24 jam terakhir pada 27 Juli 2022.

SHIB sebanyak itu dibeli dalam dua transaksi. Awalnya adalah 187 juta SHIB, disusul satu jam kemudian, membeli tambahan 147 juta SHIB. SHIB pun langsung menguat setelah data itu muncul. Pada 27 Juli 2022 itu telah meningkat sebesar 1,36 persen, melampaui pertumbuhan banyak kripto lainnya.

Harga Shiba Inu Akan Terus Bertahan?

Keuntungan yang diperoleh SHIB mungkin mengejutkan banyak pihak atau didukung oleh perilaku whale ETH.

IKLAN

Secara teknikal, meskipun tingkat burn SHIB yang lebih tinggi, harga SHIB ternyata tidak meningkat selaras. Terlihat bahwa harga sebelumnya tidak menunjukkan pergerakan bullish.

Berdasarkan indikator Awesome Oscillator (AO), SHIB berada di ambang penurunan di bawah ekuilibrium. Ini adalah tanda kuat, bahwa SHIB akan mengikuti pergerakan bearish, karena volume tidak naik signifikan.

SHIB Jadi US$1 Perlu Waktu Hingga 10.270 Tahun 

SHIB memang sangat popular, karena volume perdagangannya mampu bersaing dengan kripto-kripto lama. SHIB selalu bisa bertahan di 20 besar versi Coinmarketcap, bersama dengan Dogecoin dalam kategori meme crypto.

Hanya saja, tidak sedikit yang berharap harganya bisa menjadi US$1, berkat fitur burn-nya. Namun demikian harapan itu sangat tidak masuk akal dan cenderung mustahil.

Untuk mencapai harga psikologis itu, maka diperlukan waktu hingga 10.270 tahun. Per 19 Juli 2022, kapitalisasi pasar SHIB saat ini adalah US$7 milyar. Total kripto yang perlu di-burn mencapai 99,9998 persen agar pasokan menjadi 6,1 milyar unit.

Nah, sebanyak 157 juta SHIB telah dimusnahkan dalam 24 jam terakhir kala itu. Jika laju burn tersebut tetap konstan setiap hari, maka setiap tahun ada 57,4 milyar SHIB yang dimusnahkan. Sebab itu, dibutuhkan 10.270 tahun untuk memusnahkan token agar harga SHIB menjadi US$1. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait