Waspadai Pasar Crypto Kian Tak Menentu

Menjelang libur Natal, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya naik pada Rabu (21/12/2022), karena diuntungkan dari peningkatan sentimen investor setelah pasar saham menghentikan penurunan beruntun beberapa hari. Namun para trader masih mewaspadai situasi pasar crypto yang kian tak menentu.

Harga Bitcoin telah naik kurang dari 1 persen selama 24 jam terakhir menjadi US$16.875, bergerak lebih tinggi dari palung baru-baru ini di bawah US$16.500 pada Selasa (20/12/2022). 

Aset digital mengikuti pasar saham lebih tinggi, dengan Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 bersiap untuk naik pada hari Rabu setelah indeks pada hari Selasa menghentikan penurunan beruntun empat hari.

Dikutip oleh Market Watchpara trader crypto menilai, masih ada kemungkinan turbulensi pasar karena aset digital masih di bawah tekanan. 

IKLAN

Menurut analis, meski harga Bitcoin dan aset kripto naik, tapi jangan terlalu bersemangat karena pasar crypto masih tampak goyah.

“Mengingat reaksi di seluruh kelas aset lainnya, reli Bitcoin agak tidak mengesankan karena pedagang crypto terus berada dalam mode menunggu dan melihat apa yang akan menjadi domino crypto besar berikutnya yang jatuh atau jika kita mendapatkan panduan yang lebih jelas dalam peraturan,” kata Edward Moya, seorang analis di broker Oanda.

Kripto dan ekuitas menjadi semakin berkorelasi di tengah lingkungan makro yang sulit di tahun 2022 dengan inflasi tinggi, kenaikan suku bunga, dan risiko resesi yang menjulang.

“Hambatan makro tampaknya semakin meresahkan, dan pasar Bitcoin dan crypto terlihat goyah saat ini. Semakin lama sepertinya kita akan mengalami penurunan kaki lagi, ” kata CTO Token Exchange 1GCX, R.A. Wilson, belum lama ini.

IKLAN

Baik saham maupun token telah dijual selama seminggu terakhir karena investor resah atas kenaikan suku bunga lebih lanjut dari Federal Reserve karena bank sentral memerangi inflasi. Sementara para pedagang telah menghilangkan kekhawatiran terbaru, tekanan ini terus membayangi pasar.

“Likuiditas di semua pasar telah mengering karena pengetatan substansial kondisi moneter Federal Reserve,” kata Wilson. “Apakah kita akan menembus lebih rendah dari level terendah siklus ini? Itu mungkin. Dan investor dan pedagang pasti bersiap untuk ini.”

Analis telah mengincar penurunan lebih lanjut di seluruh aset digital, yang tetap berada di bawah kendali setelah kebangkrutan mengejutkan pertukaran crypto FTX bulan lalu. 

Bitcoin jatuh setelah sempat menyentuh harga US$21.000 pada awal November, sebelum keruntuhan FTX menghempaskan pasar crypto ke level terendah dua tahun mendekati US$15.500 dalam beberapa minggu terakhir.

Di luar Bitcoin, Ether masih melandai di sekitar US$1.200. Crypto atau altcoin yang lebih kecil juga ikut merosot, dengan Cardano turun 3 persen dan Polygon 1 persen di zona merah. Memecoin sama-sama suram, dengan Dogecoin dan Shiba Inu masing-masing kehilangan sekitar 2 persen.

Analisis para trader terbukti, di mana harga teranyar kripto jajaran teratas termasuk bitcoin berbalik arah ke zona merah pada perdagangan Kamis (22/12/2022) pagi. Mayoritas jajaran kripto teratas terpantau lesu.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (22/12/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) kembali loyo dalam 24 jam terakhir.

Harga bitcoin (BTC) merosot 0,70 persen. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin anjlok 5,69 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi US$16.799,23 atau sekitar Rp260,98 juta (asumsi kurs Rp15.535).

Harga ethereum (ETH) juga ikut melemah pada Kamis pagi ini. Harga ethereum terbenam 0,47 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga ethereum susut 7,41 persen. Saat ini, harga harga ethereum berada di posisi US$1.212,64 atau sekitar Rp18,84 juta.

Harga binance coin (BNB) terpangkas 2,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB anjlok 7,95 persen. Kini, harga BNB berada di posisi US$246,88.

Koreksi harga kripto jajaran teratas juga diikuti polygon (matic). Harga polygon susut 1,29 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga polygon turun 12,35 persen. Harga polygon kini berada di posisi USD 0,7921.

Stablecoin seperti tether berada di zona merah dalam 24 jam dan sepekan terakhir. Harga tether (USDT) berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC berada di zona merah. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar crypto global saat ini turun 0,70 persen menjadi US$809,21 milyar. [ab]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait