Weiss Ratings: Bitcoin Akan Capai Puncak Baru di 2019

65

Tahun baru diwarnai prediksi spekulatif terhadap harga kripto. Banyak prediksi di awal tahun lalu tidak membayangkan akan terjadi bear market berkepanjangan yang berlangsung sepanjang tahun, di mana harga Bitcoin anjlok lebih dari 80 persen. Salah satu prediksi yang diterbitkan adalah Weiss Ratings yang membahas pandangan tentang Bitcoin dan kripto lain di 2019.

Menurut Weiss Ratings, 2019 akan diisi dengan adopsi yang semakin meningkat terhadap Bitcoin. Agensi peringkat internasional tersebut memrediksi banyak orang akan melihat kripto peringkat satu itu sebagai alat simpan nilai. Hal ini berarti Bitcoin diperkirakan akan memperkuat statusnya sebagai emas digital.

Laporan dari Weiss Ratings menyebut harga Bitcoin, yang hari ini, Minggu (06/01), berada di angka US$3.800 di Coinbase, bisa mencapai all time high (ATH) atau harga tertinggi baru di tahun 2019. Prediksi ini mengikuti pola siklus harga Bitcoin di mana harga tertinggi baru terbentuk setelah mengalami bear market yang tajam.

Prediksi tersebut menyusul pengumuman sebelumnya pada Desember 2018, di mana Weiss Ratings memberikan rekomendasi kepada para investor kripto untuk membeli Bitcoin mengingat harganya sudah mencapai tingkat yang cukup rendah.

Selain memberikan pandangan soal Bitcoin, Weiss Ratings memrediksi Ripple (XRP) akan mengalami tahun yang signifikan, terutama dalam hal ambisi XRP menjadi kripto yang dominan di bidang ekosistem pembayaran global. Sambil menyoroti kemajuan yang sudah dilakukan XRP dan Stellar sejauh ini, agensi peringkat tersebut menekankan XRP memiliki potensi untuk bersaing dengan jaringan pembayaran antarbank internasional SWIFT.

Hal itu mungkin saja terjadi, mengingat Ripple bekerja keras selama tahun 2018 demi memperluas jaringan aplikasinya untuk lebih mencakupi sektor perbankan, sambil membangun beberapa kemitraan penting.

Menurut Weiss Ratings, melalui penggunaan yang semakin meningkat, XRP bisa saja merebut mahkota nomor satu dari BTC sebagai kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. Pada tahun 2018, XRP berhasil menggeser Ethereum dan mengambil posisi sebagai kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, walau kini Ethereum telah merebut kembali predikat tersebut.

Prediksi Weiss Ratings tersebut menunjukkan pergeseran paradigma yang signifikan, mengingat pada tahun 2018 agensi itu berkata Bitcoin akan kehilangan 50 persen pangsa pasarnya, diambil oleh Ethereum. Memang banyak pihak yang menyebut peristiwa flippening atau pertukaran adalah soal Ethereum menyalip Bitcoin. Akan tetapi, industri ICO yang amblas tampaknya mengurangi kemungkinan hal tersebut terjadi dalam waktu dekat.

Soal pasar alternative coin lainnya, Weiss Ratings memrediksi sejumlah koin akan mengalami keberuntungan dan naik daun sementara yang lainnya hilang ditelan bumi. Agensi peringkat tersebut berkata koin yang mirip Bitcoin, seperti Bitcoin Cash dan Litecoin, ditakdirkan gagal sebab tidak ada kegunaan inovatif yang ditawarkan kripto-kripto jenis itu.

Di sisi lain, proyek-proyek seperti EOS dan Cardano akan melahirkan paradigma baru soal teknologi Internet dan melahirkan Web 3.0 yang disebut akan melibatkan kecerdasan buatan demi membangun internet yang lebih mudah dipakai. Selain itu, Weiss juga memrediksi akan terjadi goncangan besar di peringkat kripto sepuluh teratas, di mana akan muncul pemain baru seperti Holochain dan Hedera Hashgraph. [bitcoinist.com/ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Hubungi Kami