Whale BTC Siap Serok Seperti Tahun 2018-2019?

Di tengah pemulihan jangka pendek, analis mulai melihat adanya peluang pembalikan tren sehingga whale Bitcoin (BTC) kemungkinan siap serok.

Sejak sentimen global mereda, harga Bitcoin dan aset kripto utama cenderung melesat ke Utara, menutup pekan dengan positif dan berpeluang menutup Oktober juga dengan hijau.

Beberapa analis pun mulai melihat kemungkinan pembentukan titik bottom yang sebenarnya, namun tetap memiliki syarat untuk diwujudkan.

Whale Bitcoin Siap Serok BTC Seperti Dulu?

Berdasarkan laporan Daily Hodl, analis kuantitatif BTC ternama, Plan B, melihat bahwa kapitalisasi pasar Bitcoin sedang turun namun berpeluang kuat untuk membangun siklus pasar baru.

IKLAN

Analis yang terkenal berkat model analisis ciptaannya “Stock to Flow (S2F)” tersebut juga mengatakan bahwa data on-chain menunjukkan ada setengah dari BTC yang beredar dalam posisi untung.

Berdasarkan siklus mayoritas laba (untung), saat ini BTC menunjukkan sinyal bottom yang kuat. Sehingga, dasar pembalikan tren kemungkinan sudah dimulai.

Whale BTC

Selain itu, Plan B juga menyoroti indikator RSI berskala 14 bulan, yang ia lihat sudah berada di posisi terendah sepanjang masa.

Menurut analisisnya, harga BTC sudah terlalu oversold dan undervalued. Kripto utama sudah terbilang sangat murah dan layak serok oleh para whale BTC.

Selain Plan B, perusahaan analitik Glassnode juga melihat adanya sinyal pembentukan titik bottom dari harga Bitcoin berdasarkan metrik on-chain, tren akumulasi.

Whale Bitcoin

“Sepanjang kapitulasi pada awal 2022, skor tren akumulasi menunjukkan akumulasi signifikan oleh entitas besar telah terjadi, serta perebutan reli pasar bearish baru-baru ini ke US$24.500 untuk likuiditas keluar. Saat ini, metrik menunjukkan struktur ekuilibrium (netral) di pasar, yang tetap serupa dengan awal 2019,” ujar Glassnode.

Pola Double Bottom 

Beberapa analisis teknikal lain juga melihat peluang pembalikan tren harga BTC, menemukan adanya pola double bottom pada indikator teknikal.

NewsBTC melaporkan bahwa, pedagang dan analis kripto pseudonim ternama di Twitter, IncomeSharks, melihat adanya tanda double bottom di indikator pengukur momentum pasar, On-Balance-Volume (OBV).

Tiga analisis di atas kemungkinan menjadi pertanda, whale akan serok Bitcoin (BTC) seperti sebelumnya, tahun 2018-2019, dan membalik tren.

Namun perlu digarisbawahi bahwa, sentimen global tetap menjadi acuan utama dari pembentukan selera risiko investor terhadap aset kripto. Mari kita saksikan. [st]

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait