Whale ETH Mainkan Aksi Jual, Ini Data Terbaru

Seperti kebanyakan mata uang kripto lainnya, harga Ethereum juga stagnan selama beberapa minggu terakhir. Menurut CoinMarketCap, harga ETH turun lebih dari 1 persen dalam 24 jam terakhir. Kemudian terdapat kemungkinan whale ETH memainkan aksi jual.

Pada saat penulisan, ETH diperdagangkan seharga US$1.825,01 dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$219 miliar.

Aksi harga terbaru ini tampaknya tidak menyenangkan para pemain besar, karena data dari Glassnode menunjukkan bahwa para pemain besar sedang menjual aset mereka.

Apakah para Whale ETH Sedang Menjual Secara Berlebihan?

Menurut tweet dari Glassnode yang diposting pada Selasa (23/5/2023), jumlah alamat dengan lebih dari 10.000 ETH mencapai level terendah dalam enam bulan, yaitu 1.156 alamat. Terdapat kemungkinan bahwa whale ETH banyak menjual token tersebut.

IKLAN

Hal ini terlihat mengkhawatirkan, karena mengindikasikan tekanan penjualan pada token tersebut.

Namun, kenyataannya tidak sepenuhnya demikian, seperti yang ditunjukkan oleh dataset lainnya. Misalnya, jumlah alamat non-nol mencapai ATH (All-Time High) sebesar 99.597.841, dikutip dari Ambcrypto.

Selain itu, data dari Santiment sebenarnya mengungkapkan bahwa investor  dan whale ETH tidak menjual, tetapi justru mengumpulkan Ethereum. Pasokan yang dimiliki oleh alamat-alamat teratas meningkat secara signifikan dalam 30 hari terakhir.

Selain itu, pasokan Ethereum di bursa mengalami penurunan tajam, sementara pasokan di luar bursa meningkat. Hal ini lebih lanjut membuktikan bahwa investor sebenarnya sedang mengumpulkan token tersebut.

Apakah Akumulasi Ethereum Berarti Kenaikan Harga?

Akumulasi yang tinggi menunjukkan kepercayaan investor dan whale ETH terhadap Ethereum, sehingga kenaikan harga dalam jangka pendek mungkin terjadi. MACD ETH menunjukkan crossover bullish.

IKLAN

Indeks Aliran Uang (MFI) meningkat secara signifikan, yang lebih meningkatkan peluang pergerakan harga naik dalam beberapa hari mendatang.

Namun, Indeks Kekuatan Relatif (RSI) masih mendukung para beruang karena mengalami penurunan dan berada di bawah level netral 50.

Inilah yang dikatakan oleh metrik-metrik Meskipun beberapa indikator pasar menunjukkan tren harga naik, metrik-metrik tersebut menceritakan cerita yang berbeda.

Menurut CryptoQuant, cadangan pertukaran Ethereum meningkat. Peningkatan cadangan pertukaran kripto ini berarti tekanan penjualan ada pada token tersebut.

Rasio pembelian/penjualan taker-nya berwarna merah, menunjukkan bahwa tekanan penjualan dominan di pasar. Namun, hal-hal di pasar derivatif terlihat bullish.

Menurut Coinglass, minat terbuka ETH telah menurun dalam beberapa minggu terakhir, menunjukkan bahwa tren harga yang berlaku mungkin akan berakhir segera. Hal yang sama juga terjadi pada whale ETH yang banyak diketahui menjual token ETH. [az]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait