Worldcoin Perkenalkan World Chain: Jaringan Layer-2 Terbaru!

Worldcoin Foundation telah meluncurkan pratinjau pengembang dari World Chain, jaringan Layer-2 yang sangat dinanti.

Rilis ini memberikan akses awal kepada sekelompok pengembang terpilih untuk menjelajahi, membangun, dan menguji jaringan sebelum peluncuran mainnet musim panas ini.

Worldcoin Memperkenalkan World ChainĀ 

Crypto Briefing melaporkan bahwa, World Chain dirancang sebagai jaringan open-source tanpa izin yang diatur secara independen oleh komunitasnya.

Jaringan ini beroperasi dengan keamanan Ethereum dalam jaringan Superchain dari jaringan Layer-2 yang dibangun menggunakan OP Stack.

Masa pratinjau ini memungkinkan pengembang untuk menyiapkan penerapan mereka sebelum migrasi lebih dari 10 juta pengguna World App dari OP Mainnet yang ada.

Pembuatan World Chain adalah tanggapan strategis terhadap pertumbuhan eksplosif transaksi pengguna Worldcoin, yang telah menyumbang lebih dari 50 persen aktivitas OP Mainnet sejak peluncurannya pada Juli 2023.

Itu terkadang melebihi 80 persen selama periode puncak. Lonjakan ini telah menimbulkan tantangan skalabilitas, sehingga perlu beralih ke rantai khusus.

Dukungan Mitra Utama

Mitra seperti Alchemy, Safe dan Elliptic mendukung World Chain, menyediakan alat dan infrastruktur penting bagi pengembang.

Worldcoin Foundation memperkirakan bahwa World Chain akan menangani volume transaksi sekitar dua kali lipat dibandingkan OP Mainnet sebelum mencapai dampak pasar biaya, dengan optimasi lebih lanjut yang direncanakan.

Pada bulan April, Worldcoin Foundation mengumumkan bahwa pengembang yang mendukung World Chain akan terus berkontribusi pada jaringan Ethereum dan berkolaborasi dengan pengembang yang bekerja pada jaringan Optimism dan Base.

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur bersama, penskalaan, keamanan dan interoperabilitas.

Konsep Proof of Personhood

Inti dari misi Worldcoin adalah konsep proof of personhood, visi ambisius untuk masa depan internet dan identitas digital.

Inisiatif ini berupaya menciptakan sistem yang dapat diandalkan untuk membedakan antara aktor manusia dan buatan secara online, mengatasi kekhawatiran tentang aktivitas bot, akun palsu dan konten yang dihasilkan AI.

Pendekatan unik Worldcoin melibatkan penggunaan pemindaian iris untuk memverifikasi identitas individu, dengan tujuan menciptakan jaringan global individu terverifikasi.

Ini bisa membuka jalan bagi interaksi online yang lebih terpercaya, distribusi sumber daya yang adil, pendapatan dasar universal dan bentuk partisipasi demokratis baru di ruang digital.

Proyek ini membayangkan dunia di mana setiap orang memiliki identitas digital yang unik dan otonom yang menjaga privasi sambil memungkinkan akses aman ke berbagai layanan dan platform online.

Ini dapat membantu memerangi disinformasi, mengurangi penipuan dan menciptakan sistem yang lebih adil untuk mendistribusikan aset digital atau hak suara. Namun, visi ini diimbangi dengan kekhawatiran privasi yang signifikan dan tantangan praktis implementasi skala besar.

Dengan meningkatkan kapasitas jaringan, World Chain diharapkan dapat memfasilitasi onboarding pengguna baru lebih cepat dan memberikan pengguna yang ada transaksi yang lebih cepat, lebih murah dan lebih andal. Perkembangan ini berpotensi mempercepat adopsi sistem proof of personhood Worldcoin dan token terkaitnya, WLD.

Saat ini, harga WLD ada di kisaran US$1,85, mencerminkan penurunan 4 persen dalam 24 jam terakhir. WLD memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$644,7 juta dan valuasi penuh sebesar US$25,1 milyar.

Kemajuan terbaru ini menandai langkah signifikan ke depan bagi Worldcoin, menjanjikan untuk merevolusi identitas digital dan skalabilitas blockchain. [st]

Terkini

Warta Korporat

Terkait