Wow! Binance Naikkan ‘Dana Penyelamatan Kripto’ Menjadi US$2 Milyar

Bos bursa kripto Binance, Changpeng Zhao (CZ) menjanjikan US$2 miliar untuk dana penyelamatan crypto. Komitmen tersebut disampaikan melalui akun twitter sang taipan, untuk memulihkan kembali industri kripto yang terperosok pasca bangkrutnya bursa kripto FTX.

Jumlah tersebut dua kali lipat dari yang sebelumnya dijanjikan CZ, bahwa Binance akan menyiapkan US$1 miliar untuk sokong proyek kripto sekarat imbas efek domino keruntuhan FTX.

Binance menciptakan IRI untuk menghidupkan pemain industri kripto yang terkena krisis likuiditas dalam rupa bantuan keuangan.

Zhao menjelaskan, Binance mengalokasikan tambahan US$1 miliar dalam stablecoin yang dipatok dolar Binance untuk program bantuan tersebut.

IKLAN

“Ini bukan akhir dari crypto. Jauh dari itu. Ini adalah awal dari babak baru,” cuit Zhao di akun Twitternya.

Dilansir dalam wawacara Bloomberg, Zhao mengindikasikan bahwa dana tersebut akan memiliki struktur “longgar” dan dapat dilihat publik di blockchain, dengan pemain industri lainnya juga dapat berkontribusi pada dana tersebut. 

CZ memposting tautan ke kontribusi awal perusahaannya sebesar US$1 miliar, yang disimpan di alamat di BNB Chain.

Sejumlah proyek kripto telah menyumbang total US$50 juta untuk program ini, yakni: Aptos Labs, Jump Crypto, Polygon Ventures, Animoca Brands, Brooker Group, Kronos, dan GSR Markets.

IKLAN

Binance  Pertimbangkan Pembelian Aset FTX

 Zhao juga mengkonfirmasi selama wawancara Bloomberg bahwa perusahaannya sedang mencari cara untuk membeli aset-aset tertekan dari FTX yang terpojok. 

 Melalui dana IRI, Binance akan membeli beberapa proyek kripto yang sekarat dalam akuisisi bursa yang didirikan oleh Sam Bankman-Fried.

 Secara khusus, Binance mengincar proyek cryptocurrency yang dibeli oleh bursa yang sekarang bangkrut, meskipun Zhao tidak menentukan kripto yang mana.

 “Kami pasti ingin melihat aset-aset itu. Mereka berinvestasi di sejumlah proyek berbeda, beberapa di antaranya baik-baik saja, beberapa di antaranya buruk, tetapi saya pikir ada sejumlah aset yang mungkin dapat diselamatkan. Kami akan memeriksanya saat tersedia,” kata Zhao.

Bankman-Fried sebenarnya pernah memiliki ambisi serupa. Di mana eksekutif kribo itu menawarkan program bantuan bagi belasan perusahaan kripto dan blockchain yang tengah mengalami krisis.

Kedekatan SBF dengan regulator dan politisi Demokrat malah menyulut banyak kontroversi dalam ranah kripto. Tak pelak gebrakan menggandeng politisi, malah memancing banyak komentar miring. Termasuk dari CZ sendiri, yang menuduh SBF menjual industri.

Crypto exchange FTX.com pimpinan Sam Bankman-Fried, resmi menyatakan bangkrut pada Jumat (11/11/2022). Dalam dokumen pernyataan perusahaan di pengadilan di AS, tersemat daftar 134 perusahaan terafiliasi.

Terkait skandal FTX yang terus bergulir, akan dipenjara atau tidaknya Sam Bankman-Fried (SBF) menjadi sorotan terbaru.

Runtuhnya FTX yang berakhir dengan pengajuan kebangkrutan telah menghantam pasar kripto dan kepercayaan investor, di mana SBF kini menjadi sorotan setelah diketahui melakukan penyalahgunaan dana pengguna platform.

Tak Serta Merta Ditanggapi Positif

Inisiatif bantuan Binance tak serta merta mendapat tanggapan positif, yang merujuk dana tersebut gagal menghilangkan kekhawatiran penularan dampak FTX.  Di samping, efek domino juga  menyeret harga bitcoin (BTC) dan mata uang kripto lainnya.

“Sulit membayangkan skenario di mana dana khusus ini berbuat banyak untuk menghentikan keruntuhan yang tak terhindarkan,” kata komentator pasar crypto Liron Shapira kepada Forbes, kemarin.

Menurutnya, gagasan tentang dana asuransi terhadap keruntuhan struktural yang mengalir tidak pernah berhasil. 

“Paling-paling, itu dapat terus ditunda di hari lain yang merupakan cara kerja Ponzi sejak awal. Dan semakin banyak uang yang mereka habiskan, semakin lama mereka dapat menyimpannya. itu pergi,” imbuhnya.

Dana tersebut juga telah menimbulkan pertanyaan tentang sentralisasi di pasar crypto, dengan Binance sebagai bursa terbesar di dunia dan pemberi pinjaman terakhir.

Dalam laman blog resminya, menyebutkan bahwa BInance sejauh ini telah menerima 150 aplikasi dukungan keuangan dari perusahaan yang berbeda.

Hanya saja Binance mengklarifikasi inisiatif tersebut bukanlah dana investasi, melainkan peluang investasi bersama untuk organisasi yang ingin mendukung masa depan Web3.

Inisiatif penyelamatan ini diperkirakan akan berjalan selama enam bulan. Mereka yang memberikan kontribusi akan dapat menarik dana mereka yang tidak terpakai di akhir program. [ab]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait