JD.com resmi sebagai toko daring (online) pertama yang menerima pembayaran yuan digital. Ini adalah ujicoba kesekian kalinya oleh Bank Sentral Tiongkok (CBDC) untuk mata uang digital itu.

Perusahaan e-commerce Tiongkok, JD.com mengatakan pada Sabtu (5/12/2020), bahwa mereka telah menjadi toko daring pertama di negara itu yang menerima yuan digital sebagai metode pembayaran.

Goldman Sachs: Yuan Digital Bisa Capai 1 Milyar Pengguna

Terpadunya yuan digital di JD.com adalah bagian dari ujicoba oleh Bank Sentral Tiongkok terhadap penggunaan bentuk uang baru itu kepada warga Suzhou, dekat Shanghai.

Dilansir dari Reuters, menurut perusahaan, anak perusahaan JD, yakni JD Digits yang berperan sentral dalam hal itu, kemudian diterapkan di JD.com.

Dalam program ujicoba itu, Bank Sentral Tiongkok memberikan 200 yuan digital kepada 100.000 warga Suzhou dengan cara diundi.

BERITA TERKAIT  Bank Sentral Tiongkok: Mata Uang Digital Masih Tahap Ujicoba

Undian di Suzhou ini adalah kali kedua. Sebelumnya 50.000 warga di sebuah kota di selatan Shenzhen mendapatkan 10 juta yuan digital dan bisa dibelanjakan di sejumlah mall di kota itu.

Yi Gang, Gubernur Bank Sentral Tiongkok sebelumnya mengatakan, bahwa lebih dari 2 miliar yuan digital telah dipakai dalam 4 juta transaksi terpisah.

Yuan digital adalah hasil penelitian dan pengembangan panjang bank sentral itu sejak tahun 2014, ketika Bitcoin dan pasar aset kripto sedang booming. Sejak medio tahun 2020 yuan digital terus diujicoba, termasuk direncanakan pada Olimpiade Musim Dingin 2022 mendatang. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO