spot_img
spot_img

Yuan Digital Akan Diujicoba Lagi di Hong Kong

Otoritas keuangan di Hong Kong mengumumkan akan mengujicoba fase kedua bagi yuan digital.

Sebagai bagian percobaan, kota tersebut akan menghubungkan yuan digital ke sistem pembayaran domestik untuk mengkaji kegunaan CBDC tersebut dalam skenario transaksi antar negara.

Tiongkok mengalami kemajuan pesat dalam mengembangkan dan menerapkan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Kendati pihak berwenang di Beijing mengindikasikan yuan digital adalah proyek dalam negeri di tahap ini, ujicoba antar negara telah diluncurkan di wilayah administratif khusus Hong Kong.

Setelah ujicoba berskala kecil dengan dompet yuan digital, putaran kedua ini akan memeriksa bagaimana warga Hong Kong dapat memuat dompet yuan digital memakai jaringan pembayaran kota yang lebih cepat.

Sistem tersebut saat ini memroses pembayaran domestik melalui perangkat selular.

Ujicoba baru itu diumumkan pada Selasa (08/06/2021). Kepala Petugas Fintech Otoritas Keuangan Hong Kong (HKMA) Nelson Chow menjelaskan hal ini akan membantu warga Hong Kong memakai yuan digital ketika mereka melintas negara.

Sebelumnya, HKMA mengungkap sedang menggarap penerapan CBDC untuk memperlancar pembayaran antar bank lintas negara.

yuan digital

Pekan lalu, badan pengawas tersebut mengklaim akan menerbitkan makalah yang mengkaji keabsahan CBDC bagi ritel dalam waktu setahun.

Dokumen tersebut akan melihat potensi kegunaan dolar Hong Kong digital yang dapat diterbitkan di Hong Kong.

Isu terkait privasi data dan standar anti pencucian uang turut menjadi fokus kajian tersebut, jelas bank sentral Hong Kong.

“Warga sekarang lebih terbiasa dengan pembayaran digital. Jika  bank sentral lain mengkaji kegunaan bagi CBDC, Anda harus mencoba untuk melihat apakah bisa sukses atau tidak,” kata Eddie Yue CEO HKMA.

HKMA melanjutkan ujicoba lintas negara beriringan dengan proyek fokus konsumen lain. Bank sentral Tiongkok serta Uni Emirat Arab tahun ini telah bergabung dengan proyek rintisan CBDC grosir yang diusung oleh HKMA dan Bank of Thailand.

Sementara itu, Tiongkok sendiri telah melanjutkan ujicoba uang digitalnya sendiri.

Bulan ini, otoritas di Beijing dan Shanghai mengumumkan rencana membagikan yuan digital senilai lebih dari US$9 juta melalui lotere angpau.

Pemenang yang menerima angpau tersebut berkesempatan membelanjakan dana di pedagang yang telah menerima pembayaran CBDC. [news.bitcoin.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait