Zipmex meraih dana investasi dana investasi US$41 juta (lebih dari Rp500 milyar) dari Krungsri Finnovate, serta dua perusahaan periklanan asal Thailand, Plan B Media dan Master Ad (MACO). Ini adalah bukti aset kripto semakin diapresiasi.
Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (3/9/2021), Zipmex mengumumkan penerimaan dana investasi dari Krungsri Finnovate perusahaan modal ventura yang merupakan anak perusahaan Bank of Ayudhya PCL, sebagai investor dalam penggalangan pendanaan Seri B.
Investor lainnya perusahaan publik asal Thailand, Plan B Media dan Master Ad, yang bergerak di bisnis periklanan. Total dana investasi ketiga perusahaan kepada Zipmex mencapai US$41 juta.
“Komitmen dari Krungsri Finnovate ini merupakan langkah yang bermakna besar bagi kami. Selain menunjukkan keberhasilan dari model bisnis dan pendekatan yang kami terapkan untuk berinovasi, pendanaan ini juga menunjukkan bahwa aset digital berpotensi menjadi bagian utama dari gaya hidup kita. Sinergi aset digital dan perbankan tradisional dapat menciptakan serta menghadirkan pengalaman baru yang lebih inovatif dari sekadar menggunakan mata uang fiat,” kata CEO dan Co-Founder Zipmex Marcus Lim dalam konferensi itu.
Sebelumnya, Krungsri Finnovate telah berpartisipasi dalam pendanaan Seri A untuk sejumlah perusahaan startup dari berbagai bidang fintech secara strategis terkait dengan bisnis Krungsri.
Beberapa di antaranya perusahaan blockchain, pinjaman, e-commerce, insurtech, dan pengiriman uang lintas batas. Portofolio mereka mencakup Grab, Flash Express, Synqa dan Finnomena.
“Krungsri Finnovate sangat mementingkan teknologi dan inovasi keuangan dalam segala hal. Kami percaya bahwa teknologi dan inovasi akan menjadi pendorong lahirnya berbagai solusi yang berfokus pada tantangan serta peluang di bidang ekonomi dan kebutuhan masyarakat guna mewujudkan visi negara di masa depan,” ujar Sam Tanskul, Managing Director di Krungsri Finnovate.
Plan B Media adalah salah satu perusahaan media terbesar dan paling inovatif di Thailand dengan spesialisasi di bidang out-of-home media dan engagement marketing.
Sementara, Master Ad (MACO) adalah pemimpin media untuk papan reklame dan furnitur jalanan dengan jejak media yang luas mencakup seluruh wilayah Asia Tenggara.
“Kami berharap jaringan portofolio media dan konten terintegrasi kami dapat mendukung pertumbuhan mereka. Ruang aset digital memberikan banyak peluang bagi kami untuk memperkuat ekosistem di ruang engagement marketing seperti olahraga, manajemen artis dan gim. Kami yakin bahwa investasi dan kemitraan ini akan memastikan visi Plan B menjadi pemimpin dalam inovasi,” kata Pinijsorn Luechaikajohnpan Managing Director Plan B Media.
Zipmex Rencanakan Pengembangan Ini
Investasi dan kemitraan baru ini akan membantu Zipmex menjangkau jutaan pelanggan di seluruh kawasan Asia-Pasifik secara efektif. Terutama bagi Indonesia yang merupakan salah satu basis investor terbesar Zipmex. Investasi ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan beragam produk dan layanan di ekosistem Zipmex Indonesia.
Di dalam ekosistem Zipmex, pengguna dapat berinvestasi melalui beragam produk dengan berinvestasi dan membelanjakan asetnya menggunakan token native Zipmex ZMT (Zipmex Token).
Beberapa contoh produk investasi Zipmex di antaranya adalah ZipUp—rekening fleksibel yang dapat diakses dan ditarik kapan saja di mana saja. Lalu ada ZipLock—rekening tabungan berjangka yang dapat diakses tanpa minimum nominal.
Kartu Kripto Didukung Visa, Meluncur pada Akhir Tahun
Awal bulan ini, Zipmex juga akan memperkenalkan Zipmex Card, yaitu kartu pembayaran baru yang didukung Visa dan akan diluncurkan akhir tahun ini.
Fasilitas ini akan memberi pengguna Zipmex kebebasan untuk membelanjakan aset digital mereka di lebih dari 70 juta merchant dari jaringan pembayaran global Visa.
Tak hanya itu saja, Zipmex juga telah meluncurkan versi beta ZipWorld di Thailand dan akan menyusul juga di Indonesia.
ZipWorld adalah produk dari bursa kripto ini, yang memberikan ruang bagi pengguna untuk menikmati produk lifestyle eksklusif dan pengalaman unik menggunakan ZMT.
Selain itu juga akan ada Z Launch—platform yang memberi pengguna akses investasi lebih awal ke berbagai proyek token baru.
Zipmex juga berencana mengintegrasikan ZipWorld dengan ruang non-fungible token (NFT) yang saat ini tengah naik daun.
“ZipUp, ZipLock, ZipWorld dan Z Launch akan memberikan peluang investasi bagi pengguna sebelumnya belum pernah ada. Hal lain yang tak kalah penting adalah setiap produk yang kami rilis, kami akan memastikan bahwa badan regulator di masing-masing negara telah memberikan persetujuan atau izin terlebih dahulu,” pungkas Marcus Lim. [ps]