Ayo Beli Bitcoin di ATM Ini, Tapi “Mehong”, Coi!

75

Mesin Coinstar yang biasanya digunakan menukarkan uang koin receh menjadi uang kertas, kini bisa digunakan untuk membeli Bitcoin. Perusahaan ATM Bitcoin Coinme yang berbasis di Seattle bekerjasama dengan Coinstar memungkinkan pengguna membeli Bitcoin di toko kelontong di California, Texas dan Washington.

Mesin Coinstar merupakan kios penukaran uang yang umumnya terletak di toko kelontong, farmasi dan lokasi ritel lainnya di Inggris, Amerika, Kanada dan Irlandia. Pembeli kerap menggunakan mesin itu untuk menukar uang koin menjadi uang kertas atau gift card. Saat ini, Coinstar memiliki lebih dari 20 ribu mesin di keempat negara tersebut.

Pada 17 Januari, Coinme, perusahaan ATM Bitcoin pertama di Amerika yang menerima lisensi negara bagian, mengumumkan kerjasama dengan Coinstar untuk menawarkan Bitcoin di mesin kios Coinstar. Pengguna mesin tersebut kini bisa membeli Bitcoin senilai maksimal US$2.500 di mesin-mesin yang terletak di sejumlah toko Safeway dan Albertson di California, Texas dan Washington. Pengguna yang membeli Bitcoin melalui salah satu kios itu akan menerima voucher yang dapat ditukarkan dengan Bitcoin di situs Coinme.

Coinme menyatakan, itulah cara termudah mudah dan nyaman untuk membeli kripto menggunakan uang tunai. Tetapi, sayangnya mesin ATM Bitcoin Coinme memiliki biaya transaksi yang terbilang tinggi. Setiap transaksi Coinme dikenakan biaya layanan 4 persen, belum termasuk trading spread (selisih antara harga beli dan jual Bitcoin di bursa), sehingga mengakibatkan biaya untuk membeli Bitcoin jadi membengkak.

Sementara itu, Coinstar memiliki biaya yang lebih tinggi dibanding Coinme. Pelanggan yang ingin menukarkan uang koin mereka untuk gift card tidak dikenakan biaya. Tetapi, pelanggan yang menukarkan koin untuk uang kertas dikenakan biaya 11,9 persen. Di saat yang sama, hal ini bisa dilakukan secara gratis di bank.

Selain itu, uang koin fisik tidak bisa digunakan untuk membeli Bitcoin. Bitcoin hanya bisa dibeli menggunakan uang kertas. Keputusan tersebut dirasa aneh, mengingat banyak orang akan tertarik membeli Bitcoin bila mereka bisa menukarkan uang receh mereka untuk mendapat Bitcoin.

Jikalau berhasil, Coinme berencana memperluas usahanya ke toko ritel dan lokasi lain di Amerika Serikat. Ada ribuan mesin kios yang bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi transaksi Bitcoin.

“Kami senang bermitra dengan Coinstar agar dapat memberikan konsumen sebuah cara yang mudah dan nyaman untuk membeli Bitcoin di sela-sela kegiatan sehari-hari mereka. Bitcoin kini tersedia di toko kelontong lokal Anda melalui kios Coinstar, dan fasilitas ini semakin memudahkan konsumen untuk ikut serta di dalam gerakan ekonomi baru,” kata Neil Bergquist Co-founder Coinme.

Mungkin animo masyarakat yang cukup besar terhadap Bitcoin membuat para pengguna mesin kios Coinstar tidak sadar mereka bisa membeli Bitcoin lebih murah di tempat lain. Tetapi bagi orang yang ingin mencicipi Bitcoin, mesin kios tersebut adalah cara yang mudah untuk mulai. [cryptoslate.com/ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini