Misteri Hadiah Uang yang Dijanjikan TRON

114
IKLAN

Program akselerator blockchain TRON menjadi sorotan sebab diduga tidak memberikan hadiah uang jutaan dolar seperti yang dijanjikan. Pengguna situs media sosial Reddit bernama 9hil mengklaim tim TRON tidak berencana memberikan hadiah tersebut kepada para developer.

Kendati Yayasan TRON menjanjikan banyak hadiah dalam bentuk USDT bagi developer yang pindah dari Ethereum ke TRON untuk membangun aplikasi desentralistik (dApp), belum ada konfirmasi jelas tentang pembagian hadiah tersebut.

Selain itu, keinginan TRON untuk menarik banyak developer, tampaknya kurang berhasil. 9hil mengklaim sebagian besar developer yang membuat aplikasi di TRON sekadar mengincar hadiahnya. Menurut “Redditor” itu, para developer Ethereum yang ia kenal secara pribadi masih akan mengembangkan aplikasi di atas Ethereum. Katanya, bukanlah pekerjaan sulit memindahkan dApp Ethereum ke TRON.

9hil menyoroti persoalan Yayasan TRON yang tidak mengumumkan pemenang bagi konten pengembangan dApp pada 12 Januari. Ia menjelaskan alasan mengapa tim TRON tidak memberikan hadiah sesuai janjinya, mengutip surel yang disebarkan kepada para pemenang, ”Disebabkan volume tinggi di proyek-proyek yang berkompetisi, kami telah melakukan penyesuaian ke struktur hadiahnya, termasuk menambah jumlah pemenang dari 56 proyek menjadi 100 proyek. Rincian lebih lanjut akan diumumkan segera. Harap bersabar.”

Menurut 9hil, tim TRON menurunkan nilai hadiah terendah dari US$5 ribu menjadi US$1 ribu. Menanggapi pengumuman pembagian hadiah tersebut, salah satu kandidat validator transaksi TRON mengatakan, tidak ada yang tahu apakah TRON akan memberikan total hadiah US$1 juta sesuai janjinya.

“Saya sendiri berpendapat mereka tidak akan melakukan hal itu,” katanya.

Dalam kompetisi sebelumnya, TRON tidak membayar jumlah total hadiah yang dijanjikan. Di kompetisi kali ini, TRON diduga menurunkan nominal hadiah bukan akibat banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi, tetapi karena tidak ingin membayar total nominal hadiahnya.

9hil menyebut ada beberapa orang yang mengklaim mereka memenangkan hadiah US$1 ribu, tetapi para pemenang tersebut tidak membahasnya secara publik. 9hil membagikan tautan ke post Instagram di mana seseorang yang terkait dengan STOken Studio mengklaim memenangkan hadiah US$200 ribu.

Tetapi setelah diselidiki lebih lanjut, tidak ditemukan informasi tentang dApp STOken. Tautan ke halaman Github STOken terlihat hampir kosong dan hanya berisikan 3 butir commit. Setelah menuliskan post di Reddit, 9hil menemukan halaman STOken sudah dihapus atau diubah jadi privat.

Pengguna Reddit tersebut juga mengungkit isu developer yang mencontek Shrimp Farm, sebuah aplikasi game skema Ponzi berbasis Ethereum, dan menyalinnya ke TRON. Game tersebut mendapatkan volume tinggi dan mengakibatkan munculnya banyak aplikasi plagiat lainnya di TRON, seperti TRON Anthills, Crocs dan lainnya.

Kendati TRON Shrimp jelas-jelas memiliki volume, pengguna dan jumlah transaksi paling tinggi, aplikasi tersebut tidak memenangkan hadiah apa-apa. Namun, developer Anthills berkata kepada anggota komunitasnya ia termasuk salah satu pemenangnya.

Tim pengembangan TRON belum menerbitkan daftar pemenang. Hadiah yang diklaim diterima banyak diberikan kepada aplikasi yang terindikasi skema Ponzi. Juri kompetisi tersebut pun belum menerima surel yang mengumumkan hadiah sudah diberikan.

Surel tersebut berisi, “Kepada developer TRON, surel ini berisi pemberitahuan bahwa hadiah final program akselerator TRON sudah diumumkan melalui surel. Kami berterima kasih atas kerja keras serta semangat Anda membangun dApp selama lima pekan terakhir.” [cryptoglobe.com/ed]

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini