25 Persen, XEM Naik Tinggi dalam Sehari

49
IKLAN

Hingga berita ini ditulis, XEM (kripto besutan NEM Foundation) melejit hingga 25 persen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data dari Coinmarketcap.com, pada Minggu, 12 November kemarin, pukul 13:00 WIB, XEM masih bertengger di US$0,093. XEM mulai melejit cepat dua jam kemudian, hingga mencetak harga US$0,114 pada 16:24 WIB. Dua jam kemudian XEM menukik tajam ke US$0,104 dan bereli pendek hingga pagi hari ini. XEM kemudian naik kembali melampaui level sore kemarin, di US$0,117.

Sumber: Coinmarket.com

Berdasarkan spot market, Binance masih sebagai pasar terbesar XEM/BTC dengan volume perdagangan mencapai 33,49 persen. Di belakang Binance ada Zaif (XEM/JPY) dan Upbit (XEM/KRW).

Faktor pendorong kenaikan tinggi ini, besar kemungkinan karena di-listing-nya kembali XEM di Coincheck. Momentum kenaikannya XEM memang sudah terlihat beberapa jam sebelum Coincheck mengumumkan me-listing kembali XEM di bursanya pada 12 November kemarin. Dengan kenaikan itu pula, XEM yang berada peringkat ke-15 versi Coinmarketcap.com berada di atas NEO, ETC dan Tezos, berdasarkan besaran market cap-nya.

Bukan tidak mungkin pemicu lainnya adalah pengumuman soal penggunaan teknologi blockchain NEM oleh Kementerian Pendidikan Malaysia. Pemerintah Negeri Melayu itu merasa perlu merekam data ijazah di blockchain guna mempermudah verifikasi dan keakuratan informasi lulusan, khususnya memerangi aksi pemalsuan ijazah.

Kementerian Pendidikan mengumumkan bahwa bersama dengan konsorsium enam universitas, mereka telah meluncurkan sistem berbasis blockchain yang dinamakan e-Scroll untuk penerbitan dan verifikasi ijazah universitas. Universitas yang ikut serta dalam konsorsium tersebut adalah International Islamic University Malaysia sebagai ketuanya, Universitas Utara Malaysia, Universitas Teknologi Malaysia, Universitas Malaysia Sabah, Universitas Malaysia Trengganu dan Universitas Teknologi MARA.

“Walaupun sistem demikian dapat dibangun menggunakan blockchain lain, NEM dipilih karena fitur uniknya yang dapat mengelola pelacakan dan persyaratan keaslian,” jelas Kementerian Pendidikan.

Listing XEM dan aneka kripto lainnya di Coincheck adakah aktivitas pertama bursa itu, setelah kegiatan bursa itu ditangguhkan setelah kasus raibnya duit nasabah yang mencapai lebih dari setengah miliar dolar AS pada 26 Januari 2018 silam. Di antaranya adalah 400 juta XEM, yang saat itu nilainya setara dengan US$79,3 juta. [vins]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini