Apa Itu Fundamental Aset Kripto?

Tren investasi terus meningkat, terutama sejak pandemi COVID-19 menyerang. Banyak generasi muda yang tadinya sama sekali tidak mengenal soal investasi mulai menjajal dunia ini. Mulai dari berinvestasi pada reksa dana, saham, hingga mata uang kripto. Namun, ketika berinvestasi pada instrumen apa pun, termasuk aset kripto, salah satu aspek yang wajib untuk dipahami adalah analisis fundamental.

Dengan melakukan analisis fundamental aset kripto, Anda bisa terbantu dalam memilih instrumen investasi dengan manfaat yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Apa itu analisis fundamental dan bagaimana cara melakukannya?

Apa Itu Analisis Fundamental Kripto?

Dalam dunia investasi, Anda mengenal dua jenis analisis, yakni analisis teknikal dan fundamental. Analisis teknikal menggunakan data berupa harga dan volume di masa lampau untuk memprediksi arah pergerakan harga di masa depan. Sedangkan, analisis fundamental fokus memahami perbedaan harga dan nilai sebuah aset kripto.

Analisis fundamental aset kripto diukur menggunakan pencarian nilai intrinsik sebuah aset. Pada analisis ini, Anda mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi ekonomi dari segi mikro maupun makro. Anda juga harus memperhatikan aspek politik dan kondisi industri suatu negara untuk memahami fundamental aset kripto.

Faktor yang Memengaruhi Analisis Fundamental

Ada beberapa faktor utama yang dapat memengaruhi analisis fundamental. Salah satunya adalah kapitalisasi pasar atau market cap. Kapitalisasi pasar merujuk pada nilai sebuah aset digital yang bisa dihitung dari banyaknya aset digital yang beredar. Hal ini menunjukkan bagaimana aset kripto tersebut bertumbuh. Selain itu, total supply dan jumlah permintaan aset juga menjadi faktor analisis fundamental aset kripto.

Nilai aset kripto juga bisa dipengaruhi oleh peristiwa yang sedang terjadi. Maka dari itu, ketika berinvestasi, Anda perlu memperhatikan berita terbaru karena bisa saja berita tersebut membawa keuntungan atau kerugian bagi investasi Anda. Selain itu, masih ada faktor lainnya seperti jumlah dan volume transaksi, likuiditas, serta utilitas dan kesehatan jaringan.

Cara Analisis Fundamental Aset Kripto

Ketika melakukan analisis fundamental aset kripto, ada tiga komponen utama yang harus Anda perhatikan, yaitu aspek ekonomi, industri, dan perusahaan. Ketiga hal ini membawa pengaruh pada hasil analisis yang akan Anda lakukan. Selain itu, untuk melakukan analisis fundamental, diperlukan pula kemampuan untuk membaca laporan keuangan, pemahaman akan faktor ekonomi makro, serta mengetahui teknik penilaian. Berikut ini adalah beberapa cara analisis fundamental yang bisa Anda terapkan.

  • Jenis proyek yang dikembangkan

Pahamilah jenis proyek yang sedang dikembangkan oleh aset kripto yang Anda analisis. Perhatikan apakah proyek tersebut dapat memberikan solusi atas masalah yang ada atau apakah proyek menghadirkan nilai baru.

  • Baca Whitepaper

Whitepaper adalah dokumen yang dimiliki dan disiapkan oleh sebuah perusahaan, komunitas, atau pengembang aset kripto mengenai aset yang sedang disiapkan. Dalam dokumen ini, Anda akan menemukan berbagai informasi, mulai dari tujuan pembuatan hingga mekanisme penjualan dan sirkulasi koin.

  • Berdiskusi dengan komunitas

Untuk lebih memahami soal sebuah aset kripto, Anda juga bisa melakukannya dengan berdiskusi bersama komunitas pegiat kripto. Dengan diskusi analisis kripto bersama orang lain yang lebih berpengalaman, Anda akan mendapatkan wawasan baru tentang suatu koin atau fenomena yang sedang terjadi di dunia kripto. Ketika berdiskusi, umumnya terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan ini bisa membantu Anda lebih memahami aset kripto secara detail.

  • Kenali pengembang

Di dunia kripto, pengembang merupakan aspek penting karena menyangkut keberlangsung transaksi aset. Ada baiknya Anda mengetahui siapa pemiliknya, apa saja program yang dijalankan, dan kepentingan apa yang mereka miliki untuk mengembangkan proyek kriptonya. 

  • Sistem keamanan

Dalam melakukan analisis kripto, perhatikan pula sistem keamanan yang diadopsi Blockchain. Aspek ini diperlukan Blockchain dalam rangka memberikan efisiensi untuk perekonomian dan pengembangan teknologi lainnya.

Dalam berinvestasi, belajar memang diperlukan. Anda bisa mulai berinvestasi perlahan dengan menaruh dana kecil sambil memperdalam ilmu investasi mata uang kripto. Pahamilah bahwa investasi tidak memberikan keuntungan dengan cuma-cuma. Ada risiko yang harus dihadapi. Untuk itu, pahami baik-baik instrumen investasi Anda dengan melakukan analisis fundamental. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait