Tren Bearish Cardano Jelang Halving ETC dan Listing BlockDAG

Tren bearish Cardano (ADA) menunjukkan skenario yang kurang optimis pada aset kripto yang dikembangkan Charles Hoskinson tersebut. Penurunan ini menghapus bias bullish sebelumnya dan mengindikasikan kemungkinan penurunan lebih lanjut dalam waktu dekat.

Tren penurunan ADA muncul menejelang momen halving Ethereum Classic (ETC) dan listing BlockDAG di CoinMarketCap, yang menandai tonggak penting debut promosi platform kripto tersebut.

Ini Sebab Tren Bearish Cardano

Saat ini, pasar kripto menunjukkan skenario yang kurang optimis untuk Cardano (ADA), seperti yang diamati oleh More Crypto Online

Berdasarkan analisis terbaru, ADA tengah mengalami tren menurun yang signifikan, dengan potensi harga turun hingga US$0,42. Pandangan ini didasarkan pada teori Elliott Wave yang mengindikasikan tren bearish yang kuat.

Penurunan harga terbaru di bawah garis support kritis di US$0,48 telah menghapus bias bullish sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa penurunan lebih lanjut mungkin akan terjadi dalam waktu dekat. 

Saat artikel ini ditulis, Cardano diperdagangkan pada harga US$0,45, mengalami penurunan sebesar 2 persen dalam 24 jam terakhir.

Penurunan ini juga tercermin dalam data Open Interest Cardano, yang turun menjadi US$548,6 juta. Angka ini menunjukkan bahwa penjual saat ini lebih mendominasi pasar. 

Tren bearish ini semakin diperkuat oleh data likuidasi yang menunjukkan potensi pergerakan turun lebih lanjut. Dengan demikian, target harga baru ADA mungkin akan berada di sekitar US$0,40 dalam waktu dekat.

Secara keseluruhan, skenario pasar saat ini menunjukkan tekanan jual yang kuat terhadap ADA, dengan indikator teknikal yang mendukung prospek bearish

Investor dan trader disarankan untuk memantau perkembangan pasar dengan cermat dan mempertimbangkan strategi pengelolaan risiko yang tepat.

Menanti Dampak Halving pada Ethereum Classic

Ethereum Classic (ETC) tengah mendekati momen penting dalam ekosistem, yakni halving berikutnya yang dijadwalkan akan terjadi pada 31 Mei 2024. 

Halving ini akan mengurangi hadiah penambangan dari tingkat saat ini, langkah berkala yang dirancang untuk mengurangi tingkat masuknya koin baru ke pasar, sehingga bertujuan untuk mencegah inflasi dan mempertahankan nilai koin.

Pada halving mendatang, hadiah blok akan berkurang menjadi 2,56 ETC, yang merupakan pengurangan sebesar 20 persen dari hadiah saat ini. 

Pengurangan ini diharapkan akan berdampak signifikan pada pasokan Ethereum Classic yang baru, yang secara teori dapat mendukung harga koin jika permintaan tetap stabil atau meningkat.

Saat ini, keuntungan penambangan ETC cukup menjanjikan, terutama dengan menggunakan perangkat keras yang efisien seperti Jasminer X4 Etchash Brick. 

Dengan harga ETC saat ini sekitar US$27,05, perangkat ini mampu menghasilkan keuntungan sekitar US$17,37 per hari. 

Namun, setelah halving, keuntungan ini diperkirakan akan menurun kecuali ada kenaikan harga ETC yang kompensatif.

Penurunan pasokan koin baru yang dihasilkan oleh halving dapat menyebabkan kenaikan harga jika permintaan untuk ETC tetap konstan. 

Namun, dampak sebenarnya dari halving ini akan sangat bergantung pada kondisi pasar yang lebih luas saat halving terjadi. 

Faktor-faktor eksternal seperti sentimen pasar kripto secara keseluruhan, perkembangan teknologi, dan adopsi blockchain juga akan memainkan peran penting dalam menentukan harga ETC pasca-halving.

Listing di CoinMarketCap, Tonggak Penting Debut Promosi BlockDAG

BlockDAG (BDAG) diklaim dengan cepat mencuri perhatian sebagai salah satu platform kripto paling menjanjikan di pasar. Sebagaimana disebut, dalam presale kripto, BDAG berhasil meraih kepercayaan investor yang tinggi terhadap proyek ini. 

“Proyek ini mencapai tonggak penting dengan debut promosi di Piccadilly Circus, London, yang menandai listing di CoinMarketCap. Tak pelak, langkah ini berhasil menarik perhatian luas dan menempatkan BlockDAG di radar banyak investor dan penggemar kripto,” sebut BlockDAG dalam keterangannya.

Salah satu inovasi yang paling dinantikan dari BlockDAG adalah peluncuran aplikasi X1 Mobile Miner pada 1 Juni. 

Aplikasi ini dirancang untuk merevolusi cara individu berinteraksi dengan penambangan cryptocurrency, memungkinkan pengguna smartphone menambang kripto BDAG secara efisien. 

Dengan mengoptimalkan penggunaan energi dan data, serta menyediakan antarmuka yang ramah pengguna dan proses pendaftaran yang sederhana, aplikasi X1 siap menarik basis pengguna yang luas, yang akan meningkatkan ekosistem BlockDAG secara signifikan. [ab]

Terkini

Warta Korporat

Terkait