Membuat Website Desentralistik di Blockchain+IPFS [BAGIAN PERTAMA]

239

Website desentralistik atau web 3.0 adalah bentuk teknologi web generasi terbaru. Ia dibuat dengan memadukan teknologi blockchain dan protokol jaringan peer-to-peer lainnya, yakni IPFS (Interplanetary File System).

IKLAN

Sejak Bitcoin sebagai sistem blockchain pertama di sektor uang elektronik, dirancang oleh Satoshi Nakamoto, blockchain hadir dalam beragam terapan. Khusus website, banyak perusahaan yang sudah mengembangkannnya secara lebih baik. Salah satunya adalah Unstoppable Domains yang didukung oleh investor Timothy Draper.

Keunggulan web 3.0 adalah data didistribusikan secara peer-to-peer, sehingga tak perlu khawatir data akan hilang, jika terjadi gangguan pada server di jaringan tersebut. Ini berbeda dengan centralized web, ketika akses terhadap server terganggu, maka website tidak bisa diakses.

Decentralized web juga jadi pilihan terbaik bagi pegiat politik ataupun jurnalis agar website mereka tidak bisa diblokir oleh pemerintah.

Image result for decentralized web

Prinsip Kerja Utama
Blockchain dan IPFS sebenarnya sama-sama protokol jaringan antar komputer yang berbeda, tempat informasi berlalu-lalang.

Di website desentralistik, IPFS berfungsi sebagai penyimpan data website (teks, foto, video, suara dan lain-lain). Keseluruhan data lalu di-hash (diacak lalu dibuat identitas khususnya, semacam sidik jari sebuah data digital).

BACA ARTIKEL KAMI TENTANG IPFS DI SINI

 

Hash, dalam bentuk deret karakter utuh itu, lalu disimpan ke dalam blockchain. Dalam hal ini Unstoppable Domains menggunakan blockchain Ethereum dan Zilliqa.

Jadi, IPFS dan blockchain dalam hal ini berfungsi selayaknya server yang menyimpan dan mengelola data dan merekam DNS (Domain Name System).

Domain Khusus
Di ranah website desentralistik, data di server bisa dihubungkan dengan domain biasa (.COM, .ID dan lain sebagainya) atau menggunakan domain khusus yang disediakan oleh Unstoppable Domains. Dalam tutorial ini, kami menggunakan domain yang kami beli di website Unstoppable Domains.

Domain ini juga unik, karena bisa sekaligus digunakan untuk melakukan pembayaran aset kripto. Jadi, misalnya ada punya domin asetku.zil ataupun asetku.crypto, Anda bisa menentukan address Bitcoin, Ether, Bitcoin Cash dan lain-lain terhadap domain itu.

Kelak, ketika Anda ingin menerima pembayaran menggunakan Bitcoin, cukup menggunakan domain itu saja di baris address di wallet.

Hanya saja jumlah wallet yang mendukung fitur itu masih terbatas. Khusus pembuatan address Bitcoin mengggunakan domain itu, bisa Anda baca di sini.

BAGIAN PERTAMA: Membeli Domain Web Desentralistik


Domain yang tersedia di Unstoppable Domains hanya dua ekstensi, yakni .ZIL dan .CRYPTO. Format domain seperti ini tidak tergolong pada ekstensi domain biasa, seperti .COM dan lain sebagainya yang diatur oleh organisasi Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

  1. Bukalah website www.unstoppabledomains.com dan buatlah satu akun baru dengan mengklik tombol SIGN IN/SIGN UP di sudut kanan atas.
BERITA TERKAIT  Kepala Bappebti: Bursa Kripto Punya Rp1 Triliun Seharusnya Mudah

2. Pada kotak dialog yang muncul, isi dengan alamat e-mail Anda dan lanjutkan dengan menentukan password pada kotak dialog berikutnya.

3. Pada laman baru, Anda diminta menentukan nama domain yang Anda inginkan. Ingatlah, selayak domain website biasa, domain yang Anda inginkan mungkin tidak tersedia, karena sudah dimiliki oleh orang lain.

Pada barus pencarian, ketikkanlah nama domain. Dalam hal hal ini kami mengetikkan btcmedan, lalu klik tombol SEARCH hingga muncul di laman baru nama domain yang terkait. Dalam hal ini hasil pencarian adalah btcmedan.crypto dan btcmedan.zil.

Anda mungkin menemukan harga domain unik yang berharga mahal. Domain .ZIL yang kurang unik berharga lebih murah, yakni US$20 dan domain .CRYPTO harganya US$40. Biaya ini nantinya sudah termasuk biaya transaksi di blockchain, mulai dari proses klaim dan lain sebagainya.

Nama domain unik yang sudah dimiliki oleh orang lain.
Nama domain unik yang berharga lebih mahal.
Domain kurang unik yang berharga lebih murah.

4. Dalam hal ini, kami memilih domain btcmedan.zil seharga US$20. Klik tombol Add to cart untuk memulai pembelian dan pilih CHECK OUT.

5. Pada laman berikutnya, pilihkan metode pembayaran. Dalam hal ini kami menggunakan kartu kredit. Anda bisa menggunakan Paypal atau aset kripto. Jika pembayaran selesai, maka muncul laman “Thank you for your order“.

 

BAGIAN KEDUA: Mengklaim Domain

6. Di laman Unstoppable Domains, klik icon menu di sudut kiri atas dan pilihlah menu MyDomains, hingga muncul laman pengelolaan domain.

BERITA TERKAIT  Spesialis Blockchain Digaji Rp321 Juta Per bulan

7. Klik pada .ZIL, hingga domain yang Anda beli tadi muncul. Klik tombol CLAIM .ZIL.

8. Di laman baru, Anda diminta memverifikasi proses klaim domain tersebut. Klik tombol SEND CODE BY EMAIL.

9. Periksa e-mail Anda dan temukan kode verifikasi, lalu masukkan ke dalam kolom E-mail Confirmation.

10. Setelah kode dimasukkan dan sahih, laman berikutnya adalah membuat akun wallet Zilliqa, hingga nanti Anda memiliki satu address khusus. Langsung klik tombol CREATE WALLET.

12. Laman berikutnya meminta Anda menentukan passphrase, ini adalah semacam password khusus untuk akun wallet Zilliqa Anda. Pastikan mengonfirmasinya, lalu klik tombol GENERATE KEYSTORE.

13. Tunggulah sesaat hingga proses pembuatan Keystore File selesai. File ini adalah file khusus berformat .JSON untuk mengakses akun wallet Zilliqa Anda.

14. Setelah proses selesai, klik tombol DOWNLOAD KEYSTORE. Simpanlah file tersebut di tempat yang aman.

Keystore File akun wallet Zilliqa Anda berupa file .JSON.

15. Sekarang klik tombol LINK WALLET, hingga muncul laman baru.

16. Di sini Anda diminta mengimpor Keystore File (file berformat .JSON) yang Anda unduh sebelumnya. Klik tombol IMPORT WALLET dan pilih file JSON Anda dan masukkan Passphrase. Klik tombol ACCESS.

17. Klik SEND CODE BY EMAIL dan temukan kode di e-mail Anda.

18. Masukkan kode pada kolom yang tersedia untuk berlanjut ke langkah selanjutnya.

 

19. Tahap ini menampilkan address Zilliqa yang siap terhubung dengan domain btcmedan.zil. Dalam hal ini kami memilik address Zilliqa ini: zil1guftpwkz7wpvehnma2yc6gqd3zzpvlfykzmdy3. Centanglah pada I Understand dan klik tombol CONFIRM.

 

20. Proses klaim pun berjalan. Ini memerlukan beberapa detik saja ketika semua data direkam ke dalam blockchain. Kliklah tombol VIEW DOMAINS lalu pilih .ZIL untuk melihat status klaim. Laman ini bisa juga Anda akses dari menu MY DOMAINS. Dalam hal ini domain btcmedan.zil masih “pending claim“, yang berarti proses klaim masih berlangsung.

BERITA TERKAIT  Mau Menambang Bitcoin? Pertimbangkan Ini Dulu

21. Agar lebih mudah memantau proses klaim, kami sarankan buka saja laman My Transaction dan lihat proses Claim Domain sudah berstatus Completed. Jika belum terlihat, refresh laman atau Sign Out dan Sign In kembali.

22. Anda juga bisa memeriksa proses itu langsung di blockchain. Untuk itu masuklah ke website Zilliqa Explorer (https://viewblock.io/zilliqa). Masukkan address Zilliqa Anda di bagian pencarian di sudut kanan atas laman web itu. URL penuh address Zilliqa kami bisa diklik di sini. Proses klaim yang sudah selesai akan ditampilkan dalam bentuk transaksi khusus.

22. Menunggu proses klaim itu, Anda verifikasikan alamat e-mail Anda terlebih dahulu, yang terhubung ke akun. Periksa e-mail dengan subjek: Verify your e-mail for Unstoppable Domains. Klik pada link yang tersedia dan klik tombol CONTINUE, hingga laman My Domains muncul.

23. Klik pada .ZIL dan klik tombol MANAGE di samping nama domain Anda.

24. Unstoppable Domains mewajibkan Anda menghubungkan Keystore File Anda dengan laman pengelolaan domain. Untuk itu pilih file Keystore File Anda (berformat file .JSON), masukkan Passphrase dan klik tombol ACCESS. Kelak proses ini bisa di-unlink.

25. Centanglah di pilihan I Understand… dan klik tombol SET OPERATOR.

26. Tunggu proses ini sampai selesai dan lihat statusnya di laman My Transactions dari Pending menjadi Completed.

Jika status sudah Completed, maka proses klaim domain sudah selesai dan domain web desentralistik itu sudah sah menjadi milik Anda.

Langkah selanjutnya nanti adalah mengunggah (upload) file website di IPFS Pinata dan mendapatkan data hash-nya.

Hash itu nanti dimasukkan ke dalam Unstoppable Domains yang diarahkan ke domain Anda. Jadi, ketika dibuka di browser Chrome atau browser khusus Unstoppable Domains, domain itu (btcmedan.zil) akan menampilkan laman website Anda.

Langkah lengkap itu akan dibahas dalam artikel berikutnya. Tunggu ya! [red]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini